• Berita Terkini

    Selasa, 03 November 2015

    Hari Pahlawan, Sebelas Tugu dan Monumen akan Dibersihkan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam rangka memeringati Hari Pahlawan, sejumlah elemen masyarakat akan merawat ulang 11 tugu dan monumen perjuangan di Kabupaten Kebumen. Perawatan meliputi pengecatan ulang dan pembersihan.

    Elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan itu meliputi Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Kebumen dan Pemuda Panca Marga (PPM) Kebumen serta Yayasan  Wahyu Pancasila (YWP) Kebumen.

    Salah satu pengurus PPM Priyo mengatakan saat ini beberapa tugu monumen banyak yang tidak terawat dan kotor. Terlebih beberapa tugu sudah menjadi sasaran vandalisme oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. “Padahal tugu tersebut merupakan simbol sejarah yang semestinya keberadaannya dijaga dengan baik,” tuturnya saat rapat di Makodim 0709/Kebumen, Senin (02/11/2015).

    Dijelaskannya, tugu dan monumen tersebut berada di  Kecamatan Kebumen, Adimulyo, Puring, Karanggayam, Karangayar dan Prembun. Nantinya, pengecatan ulang akan dilakukan pada sejumlah tugu dan monumen yang sudah terlihat kusam dan banyak coretannya. Adapun yang kondisinya masih baik, akan  dilakukan pembersihan. “Pembersihan meliputi badan tugu dan area sekitar tugu, seperti pembersihan rumput dan sampah,” katanya.

    Sementara itu Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya SH melalui  Kasim Mayot Armed Edy Suparjo mengatakan, pihaknya mendukung adanya perawatan tugu. Menurutnya tugu merupakan sebuah monumen simbol sejarah.

    Salah satu contohnya tugu Renville yang berada di Panjer Kebumen. Tugu ini merupakan simbol peringatan, bumi hangus dan penghancuran bangunan vital oleh pejuang kemerdekaan sebagai jawaban atas penghianatan perjanjian Renville yang dilakukan oleh Belanda. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya,” katanya menirukan kata-kata Bung Karno. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top