• Berita Terkini

    Selasa, 03 November 2015

    Siswa SMK PGRI 2 Diajarkan Bela Negara

    fuad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Program Bela Negara yang tengah digencarkan pemerintah ternyata sudah dua tahun terakhir ini diajarkan di SMK PGRI II Kawedusan Kebumen. Kali ini, siswa-siswi sekolah tersebut kembali mendapatkan pelajaran Bela Negera melalui pelatihan Basic Skills. Pelatihan yang hanya dimiliki SMK PGRI 2 Kebumen ini secara resmi dibuka oleh Danramil 01 Kebumen, Kapten Suyanto, Senin (2/11/2015) di halaman sekolah setempat Jl Pangeran Bumidirjo Kawedusan Kebumen. Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyematan pin kepada perwakilan siswa.

    Hadir dalam upacara pembukaan tersebut Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kebumen Drs Eko Sajarwo, Kepala SMK PGRI 2 Kebumen Je Warsito SE, Komite Sekolah, tokoh masyarakat Kawedusan serta sejumlah kepala sekolah mitra SMK PGRI 2 Kebumen.

    Kepala SMK PGRI 2 Kebumen Je Warsito SE menuturkan, basic skill memang lebih ditekankan kepada siswa baru untuk menanamkan kedisiplinan sekaligus menumbuhkan rasa bangga siswa terhadap sekolahnya.

    Disisi lain, melalui kegiatan ini diharapkan mampu membentuk siswa yang berkarakter, memiliki disipilin tinggi, sopan serta berpola pikir kreatif dan positif.
    "Selain itu siswa diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan, berkemampuan organisasi serta bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik, khususnya sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa," bebernya.

    Waka Kesiswaan, H Rohman Khabibi menuturkan, pelatih basic skills diikuti 102 siswa kelas X. "Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (4/11) besok," ujar Khabibi usai upacara pembukaan.

    Nantinya selama tiga hari, siswa-siswi akan mendapatkan materi karakter, pendidikan bela negara, pelatihan PBB, pengembangan potensi diri serta outbond di hari terakhir guna membangun kebersamaan antar siswa.

    "Para siswa akan dilatih oleh instruktur dari Koramil 01 Kebumen," kata Khabib.

    Lebih lanjut dia menuturkan, program pelatihan ini merupakan agenda tahunan yang digelar pihak sekolah. Meski baru tiga kali digelar, namun pihak sekolah sudah merasakan manfaat dari pelatihan skill tersebut. Seperti tumbuhnya kedisiplinan maupun ketertiban siswa.

    "Kami juga bangga karena pelatihan model seperti ini hanya ada di SMK PGRI 2 Kebumen," imbuhnya.

    Pada upacara pembukaan tersebut juga diserahkan piala dan hadiah kepada dua siswa SMK PGRI 2 Kebumen yang berhasil menjadi juara II dan III di ajang lomba desain grafis dalam rangka memperingati hari Anak Nasional, baru-baru ini.

    Dua siswa tersebut adalah Bagas Jeni kelas XII Otomotif yang menyabet juara II serta Ngafifudin yang meraih juara III. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top