• Berita Terkini

    Kamis, 30 Desember 2021

    Bantu Pasien Talasemia,, RSUD Dr Soedirman Kebumen Gelar Donor Darah


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Seiring banyaknya permintaan darah khususnya untuk para pasien cuci darah dan Talasemia, Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soedirman Kebumen menggelar kegiatan donor darah sukarela. Donor darah diikuti oleh para karyawan dan masyarakat sekitar. 


    Kegiatan rutin dua bulan sekali itu berlangsung di halaman Rumah sakit setempat Rabu (29/12/2021). Donor darah dilakukan atas bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen.


    Kabid Pelayanan RSUD Dr Soedirman Kebumen Dr Sri Fatmawati mengatakan kegiatan ini digelar untuk mendukung ketersediaan darah di rumah sakit. Ini mengingat kebutuhan darah cukup banyak dan tidak terhitung dalam setiap bulanya.


    Dikatakan kebutuhan darah paling banyak untuk perawatan pasien gagal ginjal yang harus rutin melakukan cuci darah. Termasuk bagi pasien Talasemia yang harus rutin melakukan transfusi darah. 


    “Tidak bisa memastikan kebutuhan darahnya berapa kantong tapi tergantung pada jumlah pasien yang memerlukan transfusi darah. Terbanyak dibutuhkan oleh pasien pasien gagal ginjal atau yang memerlukan cuci darah. Ini kebutuhan utama kita untuk pasien cuci darah dan pasien talasemia yang rutin harus dilakukan tranfusi darah,” paparnya. 


    Melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap dukungan dan partisipasi karyawan dan masyarakat untuk bisa mengikuti donor darah secara rutin. Masyarakat juga diminta tidak perlu takut melakukan donor darah karena justru menyehatkan. 


    “Dengan donor darah bisa terdeteksi gejala-gejala awal penyakit tertentu. Sehingga memang tidak perlu takut untuk donor darah. Donor darah aman untuk kita semua karena putaran darah justru menjadi lebih baik,” katanya.


    Sementara itu, salah seorang karyawan RSUD Dr Soedirman  Hadiatun Widiyanti mengaku ini baru yang pertama menjadi peserta donor sukarela. Menurutnya ini adalah sebuah kesadaran atau panggilan jiwa. Untuk itu kedepan dirinya akan terus melakukan donor darah secara rutin. “Mudah mudahan darah saya yang diambil, bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top