• Berita Terkini

    Selasa, 28 Desember 2021

    Donor Darah Massal Warnai Peringatan Hari Relawan di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tanggal 26 Desember 2004 menjadi momen tak terlupakan bagi Bangsa Indonesia khususnya Aceh. Di tanggal tersebut 17 tahun silam, ribuan nyawa hilang akibat gempa 8,9 SR menimbulkan tsunami besar. 


    Satu tahun sejak peristiwa itulah Persiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan 26 Desember menjadi hari relawan Palang Merah Indonesia  Mengenang 17 tahun bencana besar itu,l dan memperingatkan hari relawan PMI,  PMI Kebumen menggelar beberapa kegiatan kemanusiaan. 


    Salah satunya donor darah masalah yang digelar di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kebumen Jalan Arumbinang No 18 Kebumen, Minggu (26/12/2021)


    Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto mengatakan donor darah masalah ini dilakukan rutin setiap tahunnya, selain untuk memperingati hari relawan, donor darah ini juga untuk memastikan stok darah saat tahun baru aman. "Ada sekitar 300 lebih peserta donor darah dalam satu hari, ini melampaui target, namun dengan ini kami sebagai mengamankan stok darah saat perayaan tahun baru aman," katanya.

    Kegiatan disambut antusias oleh masyarakat. Dan sebagai bentuk apresiasi, kegiatan ini kita siapkan hadiah menarik seperti tumbler minum, perabotan dapur ringan dan lain sebagainya, dan yang tidak terlewatkan hadiah bagi pendonor yang telah selesai donor menu hidangan gratis.

    "Kami mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kemanusiaan, tidak harus terjun kepalangan saat bencana namun dengan donor darah ini sudah menjadi relawan karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa," tambah Sabar didampingi Plt Kepala Markas PMI Kebumen Didik Novendi.

    Sementara itu, momentum peringatan hari relawan dilanjutkan dengan diskusi Forum Relawan (FoRel) di Aula Markas PMI Kebumen. Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan para relawan agar lebih giat lagi dalam mengemban tugas kesukarelaannya tanpa kenal lelah.

    Acara itu sekaligus pembentukan kordinator relawan yang bertugas mengkordinir dalam menjalankan tugasnya sebagai relawan PMI. Hasilnya diskusi itu terpilih Fredy Nurochman sebagai ketua kordinator relawan Kebumen.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top