• Berita Terkini

    Jumat, 18 Februari 2022

    Gandeng Puskesmas, Rutan Adakan Vaksinasi Booster


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kebumen gandeng Puskesmas Kebumen I dan Polres dalam melaksanakan vaksinasi booster bagi seluruh pegawainya.  Adapun Jenis vaksin yang diberikan adalah Astrazeneca. 


    Pemberian vaksin booster bertempat di Aula Rutan Kebumen, dimulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB, Jum’at (18/2/2022).


    Untuk mendapat vaksin booster, Pegawai Rutan Kelas IIB Kebumen harus memiliki e-ticket vaksin III yang dapat diunduh dari aplikasi Peduli Lindungi. Pegawai juga telah mendapatkan vaksin dosis I dan dosis II yang berjarak enam bulan dari jadwal vaksin booster.


    Kepala Rutan Kelas IIB Kebumen Halasson Sinaga menerangkan bahwa sebagian pegawai sudah melaksanakan vaksin booster. Dari total 68 orang pegawai yang mengikuti vaksin hari ini adalah sebanyak 33 orang,  taruna Poltekip 3 orang dan 10 orang tidak hadir. 


    “Hari ini tidak semua pegawai dapat divaksinasi. Sebanyak 23 orang pegawai Rutan Kebumen belum bisa divaksinasi karena kondisi kesehatan belum memenuhi pesryaratan seperti tensi tinggi, dan belum mencapai 6 bulan dari jadwal vaksin dosis II,” tuturnya.


    Kepala Rutan Kebumen juga mengatakan vaksin ini merupakan arahan langsung dari pimpinan guna menjaga imunitas pegawai Kementerian Hukum dan HAM agar mampu bertahan menghadapi kondisi wabah Covid-19 saat ini.


    “Selain menjaga imunitas seluruh petugas kita agar tetap kuat, vaksin booster ini juga kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan virus Covid-19, dan ini juga merupakan arahan langsung Kakanwil Jawa Tengah khususnya UPT yang ada di wilayahnya,” ungkapnya. 

    Sekedar informasi saja, di Indonesia setidaknya terdapat  enam jenis vaksin yang telah disetujui dan diberikan izin edar. Ke enam vaksin tersebut yakni vaksin Sinovac, Astrazeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer dan Novavax. 


    Meski berbeda jenis, namun vaksin-vaksin tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu memacu tubuh membentuk sistem kekebalan terhadap virus penyebab Covid-19. Untuk perbedaan vaksin AstraZeneca dan Moderna terletak pada apa yang dimasukkan.  AstraZeneca menggunakan vektor atau virus pembawa. Sedangkan Moderna memberikan protein pada tubuh yang dapat memicu respon imun.


    Diantara keenam vaksin tersebut, vaksin Sinovac dan Astrazeneca merupakan vaksin yang sudah banyak digunakan. Vaksin AstraZeneca adalah vaksin untuk Covid-19 yang diproduksi oleh perusahaan AstraZeneca.  (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top