• Berita Terkini

    Minggu, 02 Oktober 2022

    Warga Giritirto Dambakan Penerangan Jalan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Berada di pengujung Utara Kabupaten Kebumen, Desa Giritirto Karanggayam berbatasan langsung dengan Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara. Warga dan pengguna jalan kini mendambakan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), Minggu (2/10/2022).


    Atas dibangun dan dibukanya jalan tembus Banjarnegara, warga pun mengapresiasi pemerintah daerah. Ruas Jalan Lokidang tembus Banjarnegara sendiri sejak 2006 silam rusak parah dan tak bisa dilewati kendaraan. 


    Pasca diresmikan dan dibuka oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto pada Agustus kemarin, jalan penghubung antar kabupaten dengan kondisi jalan berupa cor beton sudah dapat dilewati dengan baik. Namun demikian masih membutuhkan lampu penerangan jalan.


    "Sejak diresmikan pada Agustus kemarin,  ruas Jalan Giritirto tembus Banjarnegara ini ramai dilalui kendaraan. Ini baik motor atau pun mobil. Bahkan, malam hari kendaraan tetap lewat sini. Maka dari itu kita butuh penerangan jalan,” tutur Jumadi salah seorang warga Desa Giritirto, Minggu (2/10).


    Menurut Jumadi, tingkat keramaian arus lalulintas semakin hari semakin banyak. Mulai sejak pagi hingga malam hari baik kendaraan roda dua maupun roda empat banyak yang melintas di jalur pegunungan ini. 


    “Sekarang jalannya sudah mulus dan mudah dilalui mas, yang kita butuhkan adalah lampu penerangan jalan. Selain agar pengendara mudah dan nyaman melintas, juga untuk mencegah aksi kejahatan," lanjut Jumadi.


    Diakui warga ruas Jalan Giritirto tembus Banjarnegara pada malam hari terlihat gelap gulita seperti daerah tidak bertuan. Akan menemui lampu penerangan saat pengendara tiba di Desa Kebutuh Jurang Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara.


    “Sebaliknya, pengendara dari arah Banjarnegara menuju Kebumen akan melihat lampu saat tiba di Desa Giritirto. Jadi lebih dari dua kilometer jalan ini gelap gulita,”  saut Sugeng warga Desa Duren Banjarnegara. 


    Menurut Sugeng dengan kondisi jalan saat ini dengan keramaian arus lalulintas tanpa adanya fasilitas penerangan membuat warga selama ini harus berhati-hati melintas jalan tersebut terutama pada malam hari. Pasalnya, jalan tersebut sangat rentan terjadinya tindak kriminalitas serta kecelakaan lalulintas.


    "Ya, kami sangat membutuhkan dan mendambakan penerangan lampu jalan di sejumlah titik jalan baik di Kebumen maupun di wilayah Banjarnegara. Pasalnya, hal ini erat kaitannya dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban wilayah,” katanya. 

    Akses jalan antar kabupaten yang selama sepuluh tahun lebih terputus,. Tepatnya di Desa Giritirto kini sudah terbuka hingga tembus Kabupaten Banjarnegara. Jalur perekonomian warga pun kembali terbuka. Kini, Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang sangat didambakan warga di perbatasan. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top