• Berita Terkini

    Minggu, 06 November 2022

    Guru Ngaji di Kebumen, Diajarkan Metode Yanbu'a

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Lajnah Muroqobah Yanbu'a Kabupaten Kebumen melakukan pembinaan cara pembelajaran baca tulis Al-Quran dengan metode Yanbu'a. Dimana Para Ustadz dan Ustadzah nantinya, akan menyebarkan ilmu belajar Al-Quran secara tepat dan cepat berikut dengan makhrojul huruf dan ilmu tajwidnya.


    Kegiatan sendiri digelar di Masjid Jami' Sabilal Muhtadin dengan didukung oleh Santri Gayeng Nusantara (SGN). Pengajaran dilakukan langsung oleh pembina Lajnah Muroqobah Yanbu'a Kyai Muhdori Al-Hafizh, Sabtu (5/11/2022).


    Ketua Santri Gayeng Nusantara Cabang Kebumen Muhammad Khayun menuturkan pembelajaran tersebut diikuti oleh para Ustadz dan Ustadzah di empat Kecamatan di Kebumen. Ini meliputi Kecamatan Bonorowo, Mirit, Prembun dan juga Ambal. 


    “Setelah kita berkonsultasi dengan Lajnah Muroqobah Kebumen, dari beberapa kecamatan memang belum tersentuh oleh pendidikan metode Yanbu'a,” tuturnya.

    Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Lajnah Muroqobah di tingkat kecamatan. Ini untuk mengumpulkan para Ustadz dan Ustadzah agar bisa mengikuti pembinaan cara cepat belajar Al-Quran dengan metode Yanbu'a. Sedangkan, untuk pemateri sendiri dari Pembina Lajnah Muroqobah langsung yakni Kyai Muhdori Al-Hafizh yang juga merupakan murid dari KH Arwani dari Kudus. 


    Pihaknya berharap, dengan adanya Pembina tersebut, belajar Al-Quran dengan metode Yanbu'a dapat dikembangkan di masyarakat. Agar, dalam membaca Al-Quran, memiliki Sanad yang jelas, agar sesuai dengan tuntunan yang ada. 


    “Metode Yanbu'a di Kebumen ini selalu menghadirkan pembina.  Pembina itu wajib hadir dan materi yang diberikan dari pembina. Harapannya, setelah adanya pelatihan tersebut, ini dapat dikembangkan di masyarakat,  khusunya anak anak didik dalam membaca Al-Quran ini ada sanadnya dan membaca Al-Quran ini bisa sesuai dengan tuntunan yang ada,” katanya. 


    Sementara itu Kepala Desa Telogorejo Marjono menyambut baik adanya pelatihan belajar Al-Quran dengan metode Yanbu'a. Pemerintah Desa,  juga akan mendukung sepenuhnya, adanya program tersebut, yakni baca tulis Al-Quran dengan benar. 

    Pihaknya, berharap para generasi muda khusunya yang berada di Kebumen timur bisa belajar Al-Quran dengan benar. "Kami Pemerintah Desa sepenuhnya mendukung dengan adanya kegiatan ini,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top