• Berita Terkini

    Senin, 07 November 2022

    Telkom Indonesia Dukung Pengembangan Desa Wisata Adiluhur


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pemkab Kebumen kini tengah getol memberdayakan UMKM agar perekonomian segera bangkit. Menarik melihat upaya dari kaum perempuan desa wisata Adiluhur Kecamatan Adimulyo ini.


    Mereka kini tengah berupaya mengembangkan produk UMKM lokal untuk mendukung sektor wisata yang memang menjadi salah satu sektor andalan di wilayah tersebut. Hebatnya, mereka sudah menggunakan sistem daring untuk memasarkan produk. Bahkan saat ini sudah dibuat website asterdewi.com. 


    Di dalam website tersebut, ibu-ibu akan menjadi subjek yang menjelaskan tentang tour guide dari berbagai spot yang ada di Desa Wisata Adiluhur. Diantaranya Taman Reptil Adiluhur, Kampung Wisata Inggris Kebumen, Museum Desa Wisata Adiluhur, dan berbagai kesenian serta produk UMKM yang nantinya akan dipasarkan secara online melalui website Asterdewi. Terobosan ini bisa terlaksana karena mereka berkolaborasi dengan Telkom Indonesia dan Telkom University.


    “Jadi nanti ibu ibu akan menjelaskan secara langsung dan videonya dapat di tonton di website asterdewi.com. Hal ini untuk memudahkan para wisatawan yang tidak bisa berkunjung secara langsung mereka bisa berkunjung secara online melalui website Asterdewi,” ujar pegiat wisata Novanda Alim Setya Nugraha SS MHum.



    Novanda Alim menjelaskan penggunaan sistem daring ini merupakan hasil kolaborasi dengan mahasiswa IT Telkom Purwokerto. Kebetulan, Novanda Alim memang dosen di perguruan tinggi tersebut


    Hingga kemudian di tahun 2022 ini, sejumlah mahasiswa meraih prestasi sehingg meraih pendanaan Innovillage 2022 yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia dan Telkom University. Salah satu yang mendapatkan adalah tim Asistensi Tour Guide Desa Wisata (Asterdewi). Asterdewi melakukan implementasi di Desa Wisata Adiluhur Adimulyo.


    Tim Asterdewi melakukan implementasi tahap pertama ditandai dengan penyerahan surat Kerjasama dengan Pemerintah Desa Adiluhur di Museum Agrowisata. Ini pada Kamis (20/10).  


    Sebelumnya, pada kunjungan pertama Tim Asterdewi pada Kamis (10/10), tim melakukan focus group discussion dengan Pemerintah Desa Adiluhur, Kelompok P2L Salur, Pengelola Desa Wisata, dan Karang Taruna Desa Wisata Adiluhur. 


    Dengan adanya social project Innovillage 2022 ini, pihak terkait seperti pemerintah desa, kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L, pengelola desa menyambut baik program tersebut. Ditambah lagi dengan proses digitalisasi Desa Adiluhur menuju desa digital yang sedang digencar-gencarkan oleh Bupati Kebumen. 

    Tim Asterdewi yang terdiri 3 anggota yakni Ketua kelompok Bernardus Tegar Hermawan (S1 DKV 2019). Ini dengan anggota yakni Reza Iqbal Pramudya (S1 Informatika 2019) dan Andre Citro Febriliyan Lanyak (S1 Informatika 2019).

    “Dengan aplikasi ini sekaligus untuk mendukung kegiatan festival Desa Wisata Adiluhur yang rencananya akan diadakan pada akhir November nanti,” tutur Novanda. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top