• Berita Terkini

    Selasa, 14 Februari 2023

    Masjid Berusia Ratusan Tahun di Mengkowo Dipugar

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebuah masjid berusia ratusan tahun berada di Desa Mengkowo Kecamatan Kebumen. Masjid itu kini telah dipugar dan dibangun dengan megah. Bahkan, Masjid yang diberi nama Masjid Al Qudsi itu baru saja diresmikan, Senin (13/2/2023).


    Pemotongan pita dan pemukulan bedug oleh Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menandai difungsikannya masjid Al Qudsi. Selain Bupati, tampak hadir kemarin, Staf Ahli Bupati R Agung Pambudi, Kabag Kesra Setda Kebumen Muhsinul Mubarok serta Forkompimcam Kebumen dan ratusan warga dari berbagai desa. Di saat bersamaan, digelar peringatan isra mi'raj Nabi Muhammad SAW.


    Bupati Kebumen menyambut baik  keberadaan masjid Jami Al Qudsi.  "Masjid ini cukup megah, semoga masjid Jami Al Qudsi yang hari ini diresmikan dapat menjadi sarana untuk terus meningkatkan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya Desa Mengkowo yang terus memakmurkan masjid," katanya.


    Merunut keterangan warga setempat, Masjid Jami Al Qudsi ini dahulunya disebut juga Masjid Tiban yang usianya sudah ratusan tahun. Renovasi total kemudian dilakukan sejak 2017 dan selesai pada awal Januari 2023.

    "Masjid ini tergolong masjid tua, bahkan jaman kakek nenek saya masjid ini sudah ada. Banyak orang tua jaman dulu juga menyebutnya masjid tiban," kata Kepala Desa Mengkowo, Sugeng Supriyadi didampingi Mad Muji mantan Sekdes Desa Mengkowo sekaligus pengurus Masjid Al Qudsi.


    Masjid dibangun dengan luas lahan 125 ubin ini menelan anggaran pembangunan Rp 3 miliar. Adapun desain masjid dikerjakan arsitek setempat. "Dulu panjang dan luas hanya sekitar 15 meter, sekarang sudah menjadi besar dan panjang sekitar 45 meter," tambah Mad Muji didampingi Ketua BPD Arifin.

    Sebelum peresmian, di halaman Masjid Al Qudsi juga digelar sholawat bersama, mengundang grup hadroh Bolo Sewu dan Habib Rizal Al Attas kegiatan sholawatan dibanjiri ribuan masyarakat. Tak hanya itu pada puncak acara peringatan isra mi'raj juga diisi dengan tausiyah oleh KH Ali dari Magelang. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top