• Berita Terkini

    Minggu, 26 Februari 2023

    Omset BUMDes Karangsari Tembus Rp 6,7 Miliar, Terus Kembangkan Usaha


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Omset Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) MAPAN Desa Karangsari Kebumen di tahun 2023 tembus Rp 6,7 miliar. Ini dengan laba bersih di tahun 2022 mencapai Rp 382 juta. Di tahun 2023, Usaha BUMDes MAPAN Karangsari mulai merambah pada usaha pertanian. Dalam ini komoditas pisang dan talas beneng. Pisang yang rencananya dikembangkan yakni Pisang Ulin atau Pisang Muli atau Pisang 40 hari.


    Hal ini disampaikan oleh Direktur BUMDes MAPAN Sri Brimawati R pada Musyawarah Desa (Musdes) yang bertempat di SMK Negeri 1 Kebumen, Sabtu (25/2/2023) malam. Musdes juga dilaksanakan dengan pembagian beragam hadiah.


    Musdes dihadiri oleh Forkompincam Kebumen, Pengurus BUMDes dan Perangkat Desa. Hadir pula pada Musdes, Kepala Desa Karangsari Endrata yang juga merupakan Penasihat BUMDes MAPAN.

    Dalam laporannya Sri Brimawati R menyampaikan proyekso pendapatan tahun 2023  yakni Rp 510 juta. Ini terdiri dari perdagangan Rp 401 juta, Dana dan Jasa Rp 48.9 juta dan Pertanian Rp 60 juta.


    “Pertanian juga bekerjasama dengan pihak ke 3 dalam hal ini penanaman talas beneng dan pemanfaatan lahan pertaninan non produktif,” tuturnya.

    Disampaikannya, pembentukan BUMDes sendiri bertujuan untuk melakukan kegiatan ekonomi melalui pengelolaan usaha, serta pengembangan investasi dan produktivitas perekonomian dan potensi desa. Selain itu melakukan pelayanan umum melalui penyediaan barang dan atau jasa serta pemenuhan kebutuhan masyatakat dan mengelola lumbung pangan desa.

    “memperoleh keuntungan atau laba bersih bagi peningkatan pendapat asili desa serta sebesar-besarnya manfaat atas sember ekonomi masyarakat desa,” katanya.

    Sementara itu, Kades Karangsari Endrata menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas kinerja Direktur BUMDes beserta jajaranya. Tahun berikutnya akan ditambah beberapa unit lagi yakni ketahanan pangan berupa Pisang dan Talas Beneng. Kemudian tahun 2023 ini yakni April mendatang akan membuat toko lagi di depan SMA Negeri 2 Kebumen dengan Anggaran Rp 477 juta.


    “Harapan kami kedepannya PADes akan meningkat atau laba yang akan dicapai dapat dua kali lipat dari tahun ini, karena mempunyai dua toko,” paparnya. 

    Ditambahkannya, BUMDes MAPAN kondisinya sangat sehat dan berkembang dengan sangat baik. Ini baik dalam kelembagaanya maupun operasional tokonya. “Sehat sekali dan kita kompak,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top