• Berita Terkini

    Senin, 06 Februari 2023

    Peran Orang Tua Penting Cegah Pergaulan Bebas Anak

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Peran orang tua sangat penting dalam pencegahan kenakalan remaja yang baru baru ini marak terjadi. Terlebih majuteknologi informasi, yang semakin bebas digunakan oleh anak tanpa tahu manfaat yang sebenarnya. 


    Untuk itu SD Negeri 2 Banyuroto Kecamatan Adimulyo menggelar Parenting Class. Ini dilaksanakan dengan narasumber Psikolog Kebumen Rofiah Akbar MPsi. Parenting Class diikuti oleh orang tua wali siswa,  Senin (6/2/2023).


    Kegiatan sendiri mengusung tema “Kita Sukses Mendidik Generasi Emas yang Tangguh Berprestasi dan Berakhlaq Mulia”. Diharapkan nantinya orang tua tahu bagaimana cara menghadapi tumbuh kembang anak. Selain itu bagaimana pula cara mengawasi anak dalam pergaulan. 


    Dalam parenting Clas tersebut, Rofiah menjelaskan tentang bagaimana menghadapi anak yan

    g telah beranjak dewasa. Seperti halnya dengan mengajari mereka budaya malu. Karena dalam fase menuju kedewasaan, ada beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan pada saat telah dewasa. 


    Disamping itu, anak laki-laki biasanya telah terdoktrin agar tidak boleh cengeng. Namun hal tersebut terkadang membuat anak enggan menceritakan permasalahan yang dihadapinya. Terutamanya dalam pergaulan. Menurutnya, biarkan anak bercerita untuk meluapkan emosi yang dirasa olehnya, meski dengan cara menangis. 

    “Jaga diri nggak boleh pergi berdua duaan. Kasih contoh malu. Saya selalu menanti-wanti anak perempuan yang sudah haid harus dijaga. Nangis itu biar emosi kita seimbang, yang penting usai nangis ajak cerita,” tuturnya. 


    Sementara itu Kepala SD Negeri 2 Banyuroto Warno SPd MPd menuturkan parenting Class memiliki tujuan untuk mempertemukan seluruh wali siswa, guru dan juga pemerintah Desa setempat. Terutama dalam rangka pendamping putra putri mereka agar tidak mengalami kebingungan dalam pergaulan. 

    Sehingga, kedepannya siswa-siswa SD Negeri  2 Banyuroto memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan lebih bersemangat untuk belajar. Dengan begitu, peserta didik menjadi tahu pergaulan yang benar dan yang salah. 


    Salah satunya adalah pemahaman tentang dunia maya atau media sosial. Karena tidak dipungkiri anak-anak sekarang kebanyakan sudah melek teknologi. Pengaruh dari teknologi itu juga sangat besar terhadap tumbuh kembang anak anak saat ini. 

    Untuk itu, mereka juga harus diberikan tentang bagaimana penggunaan teknologi yang bermanfaat. Agar kemudian, mereka bisa memanfaatkan teknologi tersebut sebagai sarana belajar. 

    Salah satu wali siswa kelas 3 Winarti mengatakan menurutnya parenting Class tersebut sangat bermanfaat, bagi semua orang tua dalam mendidik anak anak mereka. Terlebih banyak masukan yang didapat, untuk memeberikan pendidikan bagi anak ditengah keluarga. 


    Para orang tua atau wali siswa sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. Dengan begitu, orang tua akan menjadi lebih paham dengan anak-anak mereka. 

    “Saya jadi tahu, bagaimana mendidik anak agar lebih baik lagi. Intinya kelas ini sangat bagus,” jelasnya. 

    Senada juga disampaikan oleh Mahendra Yuliana yang merupakan wali kelas 5 SD Negeri 2 Banyuroto. Disampaikannya, mendidik anak tidak boleh dengan kekerasan dan harus diutamakan sikap lembut. Selain itu tidak membandingkan mereka dengan saudara maupun anak-anak lainnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top