• Berita Terkini

    Senin, 06 Februari 2023

    Siswa SD Kaligending Sulap Limbah Jadi Hidroponik

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi ajang unjuk kreatifitas bagi siswa SD Negeri Kaligending Kecamatan Karangsambung. Dalam kesempatan itu, para siswa menampilkan kesenian hingga hasil karya.


    Dalam gelar karya yang dipusatkan di halaman sekolah setempat, para siswa juga menggelar bazar makanan serta minuman tradisional.  Produk yang dijajakan merupakan ketrampilan dari karya para siswa. Seperti es kuwud, klepon, sale pisang hingga olahan makanan tradisional lainnya. "Alhamdulillah dagangannya habis, bersih terjual semua. Senang sekali, hasil karya kita tidak sia-sia,"  ungkap Fathir siswa kelas IV.


    >

    Sekretaris Camat Karangsambung Mustofa, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia tampak kagum dengan stand kelas 1 A dimana distand itu menampilkan produk yang menunjukkan pemanfaatan barang bekas hingga bisa menghasilkan yaitu hidroponik tumpangsari dengan memelihara lele dalam media gallon bekas.


    "Apresiasi yang luar biasa kepada tenaga pendidik yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini dimana kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi dari siswa," ujarnya yang kemarin mewakili Camat Karangsambung.

    Rusmini, salah satu wali murid, pun terkesan dengan kreasi para siswa. "Saya sebagai orang tua sangat mendukung gelar karya P5 ini dan berharap tahun ajaran besok dapat diadakan kembali," katanya


    Sementara itu, Kepala SD Negeri Kaligending Somad menyampaikan gelaran P5 ini mengambil tema Kewirausahaan dan Kearifan Lokal. "Tema kearifan lokal kita kedepankan untuk mengembangkan barang bekas pakai menjadi lebih bermanfaat, juga untuk menerapkan kepada siswa peduli lingkungan sejak dini," kata Somad didampingi Fasilitator Program Sekolah Penggerak Sarwa Eka

    Selain Sekretaris Camat Karangsambung beserta Forkompincam, hadir juga para Kepala SD se Eks Korwil Kecamatan Karangsambung.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top