• Berita Terkini

    Selasa, 14 Februari 2023

    Tertunda Dua Tahun, Kelas Inspirasi Kembali Digelar


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sempat tertunda selama dua tahun, akibat Pandemi Covid-19, Kelas Inspirasi Kebumen akhirnya kembali digelar. Kali ini dilaksanakan dengan mengundang Dosen Ilmu Biomedik dari Jakarta Linda Erlina, baru-baru ini.


    Kelas Inspirasi Kebumen kali ini merupakan keenam kalinya. Ini dilaksanakan di dua Kecamatan yakni Buayan dan Rowokele. Kedua kecamatan tersebut terpilih sebagai tuan rumah kegiatan Hari Inspirasi.


    Sebanyak 102 relawan pengajar dan dokumentator dari berbagai lini pekerjaan siap berbagi motivasi dan inspirasi kepada siswa-siswa di tujuh Sekolah Dasar (SD). Adapun sasarannya yakni SD Negeri 2 Banyumudal, SD Negeri 1 Nogoraji, SD Negeri 1 Tugu, SD Negeri 1 Sukomulyo, SD Negeri 5 Giyanti, SD Negeri 3 Wagirpandan, dan SD Negeri Redisari.


    Sebelum diterjunkan ke lapangan, relawan dikumpulkan terlebih dahulu di Ruang Pertemuan Rumah Martha Tilaar (RMT) Gombong. Ini untuk berdiskusi dan pengarahan dari panitia lokal Kelas Inspirasi Kebumen. Selain dihadiri oleh relawan pengajar dan dokumentator, acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan pengawas SD Kecamatan Buayan dan Rowokele serta kepala sekola SD sasaran.


    “Ini merupakan kali pertama saya mengikuti Kelas Inspirasi dan langsung memberikan kesan yang sangat bagus serta seru. Walau kali pertama bertemu dengan relawan lainnya, tapi kami bisa mempersiapkannya dengan baik. Sehingga kegiatan Kelas Inspirasi Kebumen dapat berjalan dengan baik,” ungkap Linda Erlina.

    Pihaknya mengaku tertantang saat berbagi cerita kepada anak-anak SD. Meski pihaknya terbiasa berbicara di depan banyak orang, namun kali ini perlu memikirkan cara mengenalkan profesinya dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami anak-anak. Linda juga berharap anak-anak dapat berani bercita-cita yang tinggi dan semangat untuk mewujudkannya.

    >


    Perwakilan Kelas Inspirasi Kebumen Helmi Nurlaili  menyampaikan seluruh relawan datang ke Kebumen tanpa ada paksaan. Pasalnya salah satu dari tujuh Prinsip Dasar yang harus dimiliki seorang relawan adalah sukarela. Para relawan dengan sukarela mendaftarkan diri menjadi relawan pengajar atau pun dokumentator di Kelas Inspirasi..


    Kedatangan relawan ke sekolah diharapkan dapat menambah informasi terkait berbagai profesi yang ada. Jangka panjangnya, siswa-siswi termotivasi sehingga meningkatkan semangat belajar demi cita-cita yang harus diperjuangkan di masa depan.


    “Kelas Insirasi Kebumen pun akan tetap meninjau perkembangan belajar siswa selepas Hari Inspirasi melalui program Back to School di lain waktu. Jadi, kegiatan positif tersebut tidak akan terhenti begitu saja. Semua dilakukan agar terciptanya generasi emas bangsa Indonesia,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top