• Berita Terkini

    Selasa, 25 April 2023

    Pilih Sholat Ied dengan Warga Perbatasan, Bupati Kebumen Minta Maaf Belum Bisa Maksimal Benahi Jalan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH memilih sholat Hari Raya Idul Fitri 1444 H bersama masyarakat di perbatasan. Bersama anak istrinya Bupati menjadi imam sholat ied di Masjid Nurul Huda Desa Rowo Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Sabtu (22/4/2023).


    Bersama istri dan kelima anaknya, Bupati datang di Desa Rowo tepat pukul 07.00 WIB. Bersama ribuan jamaah yang telah siap melaksanakan sholat ied, bupati langsung diarahkan oleh takmir dan diminta untuk menjadi imam sholat ied. Sedangkan Khotib Khutbah dibacakan oleh Kyai setempat.


    Sebelum bersiap menjadi imam, Bupati melakukan shalat sunnah tahiyatul masjid atau sholat sunnah wudhu, hal itu dilakukan Bupati Kebumen sebelum duduk di dalam masjid.



    Sholat ied berlangsung khidmat, dengan takbir 7 kali pada rakaat pertama bupati membacakan surat Adh Dhuhaa, ada 11 ayat didalamnya, suratan ini masuk golongan surat Makiyyah. Pada rakaat kedua, Bupati melaksanakan 5 kali takbir dan membacakan surat Al Insyirah. Surat dengan kandungan arti Melapangkan ini terdiri 8 ayat. Kandungan arti didalam surat ini mengingatkan tentang kesempurnaan pemberian Allah kepada Nabi-Nya -ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam- dengan hilangnya kesedihan, kesempitan dan kesusahan. Dalam surat ini, Allah SWT memberikan kelapangan dada terhadap Nabi Muhammad Saw dalam mengemban amanah yang sangat berat, sehingga dengan semua itu Allah mengangkat derajat kenabiannya.


    Sebagai pemimpin membacakan surat Al Qur'an ke 94 ini tentu memiliki makna yang mendalam. Terlebih Arif Sugiyanto adalah seorang pemimpin untuk masyarakat Kabupaten Kebumen yang mengemban tugas yang berat. Surat Al-Insyirah memiliki keutamaan yaitu melapangkan hati, jika rutin membacanya. Tak hanya pahala yang didapat, keutamaan membaca surat Al-Insyirah juga dapat membuka pintu rezeki.


    Sejumlah pejabat dan kepala dinas tampak hadir dalam sholat ied itu, diantaranya Kepala Bappeda Kebumen, Edi Riyanto, Kelapa Distapang Kebumen, Teguh Yuliono, Kalak BPBD Kabupaten Kebumne, Haryono Wahyudi, Kepala Inspektorat Kebumen, Amin Nurahman Nurasyid, Sekdin Dinkes Kebumen, Staf Ahli Bupati, Susilo dan R Agung Pambudi, Direktur RSDS Kebumen Arif Komedi, Sekdin Dinkes Kebumen, Tri Tunggal Eko Sapto, Kabag Kesra, Muhsinul Mubarok, Kabag UPJ Jamal Darwanto, Camat Mirit Wawan Sujaka, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kebumen, Salam, Kades Rowo, Samsino dan sejumlah jajaran Forkompimcam.


    Usai pelaksanaan shalat, Bupati bersalaman dengan warga masyarakat sembari memberikan THR berupa uang baru kepada anak-anak dan ratusan box berisikan kurma dan sarung.


    "Senang sekali mas dirawuhi Pak Bupati Kebumen, malah bagi-bagi THR juga, ada sarung sama kurma," kata Rizki (45) warga RI 1 RW 1 Desa Rowo Kecamatan Mirit usai melaksanakan sholat Ied.


    Dalam kesempatan itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kebumen meminta maaf kepada seluruh masyarakat, bahwa tahun ini di era kepemimpinannya belum maksimal dalam melayani masyarakat, terutama dalam program pembangunan infrastruktur jalan.


    Bupati menjelaskan, masih banyak PR jalan rusak yang harus diperjuangkan dan dibenahi. Namun saat ini Pemkab Kebumen masih keterbatasan dalam anggaran infrastruktur.


    "Saya pribadi dan atas nama Pemkab Kebumen memohon maaf setulusnya kepada masyarakat dan panjenengan semuanya bahwa masih banyak jalan yang rusak belum bisa mulus, namun kami pastikan Insya Alloh tahun ini Jalan Daendels diperbaiki dari Pemerintah Pusat," katanya.


    Kepada masyarakat, Bupati menerangkan, bahwa Jalan Daendels merupakan jalan Non Status. Namun pihaknya sudah berkomunikasi dengan pemerintah pusat dan Gubernur Jateng saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke kebumen beberapa waktu lalu.


    "Sudah kita komunikasikan, rencana akan turun anggaran sekitar Rp 68 miliar untuk perbaikan Jalan Daendels mudah-mudahan segera terlaksana, usai dibangun nanti," jelasnya. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top