• Berita Terkini

    Minggu, 18 Juni 2023

    BPR Bank Kebumen Gelar Seminar Permasalahan Hukum

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam rangka HUT Ke-52 PT BPR Bank Kebumen (Perseroda) menggelar Seminar Permasalahan Hukum di Bidang Perbankan yang berlangsung di Hotel Trio Azana di Kebumen, baru-baru ini.


    Seminar dengan tema Implementasi Gugata Sederhana dan Eksekusi Jaminan Fidusia ini menghadirkan narasumber Ketua Pengadilan Negeri Kebumen Etik Purwaningsih, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwokerto Suparyanto dan praktisi perbankan yang juga Direktur Utama PT BPR Klaten Sejahtera Koto Tamtama.


    Dalam materi yang dibeberkan, Gugatan Sederhana (GS) merupakan salah satu upaya penanganan kredit bermasalah yang efektif, dengan proses cepat, syarat mudah & biaya murah. Namun dalam praktek masih sering terjadi kegagalan baik dalam prosesnya maupun eksekusi putusan gugatan sementara.


    <
    p>Hal tersebut antara lain karena kurangnya pengetahuan pelaku jasa keuangan &  kesepemahaman atas aturan yang ada. Permasalahan lain yang sering dihadapi oleh pelaku jasa keuangan adalah eksekusi fidusia atas agunan barang bergerak (kendaraan) paska judisial review Mahkamah Konstitusi atas ketentuan kekuatan eksekutorial fidusia.


    Untuk mendorong percepatan penanganan kredit bermasalah perlu dukungan seluruh pihak mulai dari Pengadilan Negeri & KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara & Lelang) termasuk kesepahaman dng pelaku jasa keuangan agar bisa lebih efisien & efektif.


    Seminar diikuti oleh para pegawai BPR Bank Kebumen serta perwakilan bank umum yang beroperasi di Kabupaten Kebumen serta dari luar Kebumen.


    Hadir Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Dandim 0709 Letkol Czi Ardianta Purwandhana dan pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berharap di usia yang ke-52, PT BPR Bank Kebumen memiliki kinerja yang semakin meningkat dengan semangat kerja dan etos kerja yang tinggi.


    “Ciptakan kondisi kekeluargaan di tempat kerja dengan saling memahami, mengingatkan, dan saling mendoakan, agar terwujud hasil kerja yang luar biasa,” ujar Arif Sugiyanto seraya mengingatkan kepada jajaran Bank Kebumen untuk menjalankan tugas sesuai SOP yang benar agar terhindar dari sengketa.


    Melalui seminar itu, Bupati berharap dapat menambah ilmu wawasan yang luas tentang permasalahan hukum di bidang perbankan.


    Sementara itu, Direktur Utama PT BPR Bank Kebumen Achmad Saifullah SE menyampaikan bahwa sejumlah kegiatan digelar untuk meramaikan HUT ke-52. Antara lain donor darah dengan doorprize utama satu tiket umroh. Kegiatan yang dilaksanakan mulai 6-9 Juni 2023 empat titik yakni di Kantor Kas Karanganyar, Kantor Pusat, Kantor Kas Alian, dan Kantor Kas Kutowinangun.


    Tak hanya itu, dalam rangkaian ulang tahun BPR Bank Kebumen yang merupakan salah satu BUMD milik Pemkab Kebumen itu juga menggelar turnamen tenis meja yang bakal dilaksanakan pada Minggu 11 Juni 2023. Turnamen dilaksanakan di GOR Ki Hajar Dewantara SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen.


    “HUT ke-52 PT BPR Bank Kebumen mengangkat tema tumbuh dan berkembang bersama. Dengan tema tersebut diharapkan Bank Kebumen dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi semua semua pihak,” tandasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top