• Berita Terkini

    Jumat, 30 Juni 2023

    Polres Pilih Potong Hewan Kurban di RPH Kalirejo


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Polres Kebumen pada Idul Adha 1444 Hijriyah dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kalirejo. Ini terdiri tiga ekor sapi dan satu ekor kambing kurban,  Kamis (29/6/2023).


    Pemotongan hewan kurban juga dilakukan serentak dari tingkat Mabes Polri, yang dilakukan secara daring. Sebelum dilakukan pemotongan, secara simbolis Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyerahkan hewan kurban kepada ketua panitia penyelenggara penyembelihan hewan kurban Polres Kebumen Kompol Tamzil Mardiono yang juga Kabag SDM Polres. 


    Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin dalam sambutannya mengungkapkan, terima kasih kepada Personel Polres maupun Polsek yang telah berkurban. “Saya mengucapkan terima kasih kepada personel yang telah berkurban. Bagi yang belum, tahun depan semoga bisa melaksanakan kurban. Semoga kegiatan kita ini mendapatkan Ridho Allah SWT,” tutur Kapolres. 

    Dokter Hewan RPH Kalirejo yakni Drh Wahyu Eri Setiawan menegaskan hewan kurban dari Polres Kebumen semua dinyatakan sehat. Sebelum dilakukan pemotongan telah dilakukan pemeriksaan ante mortem dan setelah dipotong juga dilakukan pemeriksaan post mortem pada daging kurban. 


    “Hasil pemeriksaan sehat. Pemeriksaan yang kami lakukan untuk mengetahui daging yang dihasilkan aman, sehat, utuh, dan halal, sehingga layak untuk dikonsumsi,” jelas Drh Wahyu Eri Setiawan.

    Menurut Drh Wahyu, bukan hanya Polres, masyarakat juga perlu melakukan pemotongan hewan di RPH. Ini tentunya agar lebih sehat. Di RPH, lanjut Drh Wahyu Eri Setiawan, saat pemotongan memperhatikan dampak lingkungan, penanganan limbah yang tepat, serta diawasi kesehatannya oleh tim dokter. 


    Selanjutnya Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, daging kurban Polres Kebumen hari ini langsung akan disalurkan kepada yayasan yatim piatu, kaum difabel, serta masyarakat yang berhak mendapatkan daging kurban. Dari RPH Kalirejo, kurang lebih Polres Kebumen menyalurkan 600 kantong daging.


    “Daging kurban dari Polres Kebumen, diharapkan dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat yang menerima. Semoga dari kegiatan ini, Polres Kebumen semakin dekat dengan masyarakat,” ucap AKP Heru. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top