• Berita Terkini

    Rabu, 05 Juli 2023

    15 Warga Miskin di Kebumen Dapat Bantuan Listrik Gratis


    KEBUMEN - PLN UP3 Cilacap memberikan bantuan Program light up The Dream PT PLN Persero berupa pemasangan listrik kepada 15 warga masyarakat miskin di wilayah kerja ULP Gombong Kabupaten Kebumen. 


    Bantuan secara simbolis diseragkan oleh Manager PLN UP 3 Cilacap, Mohamad Kadafi bersama Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih di Kecamatan Karanggayam, Selasa (4/7/2023). Bantuan meteran yang telah dipasang secara resmi dilakukan penyalaan listrik serentak oleh Wakil Bupati Kebumen untuk 15 keluarga miskin di Kabupaten Kebumen penerima Program light up The Dream PT PLN Persero.


    Manager PLN UP3 Cilacap, Mohamad Khadafi, mengatakan, program Light Up The Dream (LUTD) merupakan program bantuan penyambungan listrik gratis yang berasal dari donasi yang dilakukan oleh pegawai PLN dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan listrik.


    “PT PLN (Persero) melalui program LUTD kali ini kita memberikan bantuan pemasangan listrik gratis di 15 warga di Kabupaten Kebumen, program ini merupakan kepedulian dari insan PLN untuk menyediakan energi kepada masyarakat tidak mampu,” katanya.


    Mohammad Khadafi menambahkan, program ini tentunya bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen, untuk mendapatkan data masyarakat yang benar-benar layak dan tepat sasaran. Ketepatan sasaran program bantuan ini diharapkan harapan terjadi pemerataan penggunaan energi listrik sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan warga yang tidak mampu. Khususnya di wilayah kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kebumen.



    “Melalui program kepedulian pegawai PLN ini, keluarga kurang mampu di Kabupaten Kebumen kini bisa menikmati penyambungan listrik secara gratis, harapannya dengan program ini bisa mensejahterakan masyarakat kebumen,” ujarnya.


    Selain itu, Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih mengatakan, program sambungan listrik gratis di kebumen merupakan sinergitas antar PT PLN persero dengan Pemkab Kebumen, diamana pemerintah mendata keluarga miskin yang belum menggunakan listruk. Hal itu bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan ekstreme yang tidak mampu dalam memasang listrik.


    “Ini salah satu sinergitas Pamkab Kebumen dengan PLN untuk membantu masyarakat yang todak mampu dan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan ekstrem di kebumen,” katanya.


    Terpisah, penerima bantuan listrik gratis, Marjo warga Desa Karanggayam Kecamatan Karanggayam mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Kebumen dan PLN. Dengan bantuan ini, dirinya yang semula menggunakan listrik menyalurkan dengan sodara akhirnya memiliki saluran meteran milik sendiri.


    “Terimakasih sekali dan sangat bersyukur sekarang bisa punya listrik sendiri,” katanya.


    Seremonial penyalaan listrik dilaksanakan di desa karanggayam Kecamatan Karanggayam dengan dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Manager PLN UP 3 Cilacap Mohamad Kadafi, Manager ULP Gombong, Domianus Jati Kuncahyo, Manajer PLN ULP Kebumen Harry Anggriawan, Kepala Disperkimhub Slamet Mustolkhah beserta Forkopimcam Karanggayam. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top