• Berita Terkini

    Minggu, 02 Juli 2023

    60 Calon Banser Digembleng, Buyar Winarso Dukung Kader NU Perkuat Bangsa


    KEBUMEN -(kebumenekspres.com) Sebanyak 60 peserta calon Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) mengikuti Pendidikan Pelatihan Khusus (Diklatsus). 


    Diklat yang digelar selama tiga hari digelar di Lapangan Desa Wonokromo Kecamatan Alian, Jumat (30/6/2023). Diklat dibuka langsung oleh Rais Syuriah PCNU Kebumen KH Afifuddin Chanif Al Hasani.

    Hadir dalam acara itu, Kepala Desa Wonokromo, Forkompimcam Alian, tokoh ulama NU Kebumen, Alian, Bacaleg PAN Barli Halim serta Ketua DPC Partai PPP.

    Ketua MWC NU Alian, Mukafi Abdurrahman mengatakan, diklat calon anggota banser ini merupakan diklat gabungan dari tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Karangsambung, Alian dan Poncowarno. "Ini diklat gabungan dari tiga kecamatan selama tiga hari untuk para calon anggota Banser," katanya.


    Dalam kesempatan itu, Rais Syuriah PCNU Kebumen KH Afifuddin Chanif Al Hasani menyempatkan tanda diklatsar dimulai dengan pemecahan kendi berisikan kembang tujuh rupa. Kendi tersebut dipecahkan melalui dua kepala perwakilan calon anggota banser.


    Mukafi menjelaskan, tujuan digelarnya diklat ini untuk penjaringan anggota dan generasi muda NU melalui Banser. Diklatsar Banser dinilai penting dilaksanakan dalam rangka menjaga muru'ah, jatidiri, harkat martabat NU.


    "Diklat ini juga sebagai penguatan organisasi sesuai fungsi Banser, menjaga ulama-kiai, menjaga aqidah Ahlussunnah, dan mempertahankan NKRI," ujarnya.

    Ia juga berharap dengan diadakannya Diklatsar Banser ini akan terbentuk pribadi yang terhindar dari radikalisme.


    Sementara itu, Mantan Bupati Kebumen, H Buyar Winarso mengatakan, pihaknya mendukung generasi muda NU untuk bergabung dan menguatkan dalam Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU. Selain menjadi bekal dalam berorganisasi dan beragama, diklat tersebut juga dinilai penting untuk menjaga solidaritas sesama menjaga Nusa, Bangsa dan Agama.

    "Kita mendukung dan mensupport penuh generasi muda NU, dengan diklatsar ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas Banser Kebumen dalam menjaga Nusa dan Bangsa serta Agama," kata Buyar yang saat ini maju untuk rakyat mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI Dapil 7 Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top