• Berita Terkini

    Senin, 10 Juli 2023

    908 Pelajar di Kebumen Berkompetisi di KSM


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sebanyak 908 pelajar tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliah (MA) di Kebumen siap mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Dimana pelaksanaannya akan dilakukan secara online di tiga titik yang berbeda. 


    KSM secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H Sukarno di Aula Kemenag, baru-baru ini. Turut hadir mendampingi Kakankemenag Kepala Seksi Pendidikan Madrasah sekaligus Ketua Komite KSM H Khamid, Kepala Subbagian Tata Usaha H Makruf Widodo, serta para Kasi dan Kepala Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kebumen.


    Dalam laporannya Khamid menjelaskan, KSM tingkat Kebumen tahun 2023 ini, diikuti oleh 908 peserta. Ini meningkat 173 peserta bila dibandingkan tahun lalu yang hanya dikuti oleh sebanyak 735 peserta. Jumlah tersebut meliputi seluruh jenjang dari MI/SD, MTs/SMP hingga MA/SMA sederajat.


    Sedangkan pelaksanaannya akan dilakukan secara online di tiga titik yang berbeda. Ini meliputi jenjang MA/SMA dilaksanakan di MA Negeri 1 Kebumen pada Sabtu (8/7). Kemudian untuk jenjang MTs/SMP digelar di MTs Negeri 1 Kebumen pada Minggu (9/7) dan jenjang MI/SD dilaksanakan, Senin (10/7) di MI Negeri 4 Kebumen.


    Terdapat enam pelajaran yang dilombakan pada jenjang MA/SMA, yakni Matematika , Biologi , Fisika Kimia, Ekonomi dan Geografi. Untuk jenjang MTs/SMP terdapat tiga mata pelajaran yakni Matematika, IPA dan IPS. Sedangkan untuk MI/SD hanya dua mata pelajaran yang dilombakan yakni Matematika dan IPA.


    “Pada tingkat kabupaten kita akan memilih lima peserta terbaik setiap mapelnya. Nantinya  yang terbaik tersebut akan dikirim ke tingkat provinsi pada 5 - 6 Agustus 2023 mendatang,” ungkapnya.

    Sementara Kakankemenag Kebumen H Sukarno dalam sambutannya menekankan agar seluruh peserta dan penyelenggara bisa menjaga integritas dan bersikap sportif. Tujuannya agar semuanya berjalan dengan tertib dan menghasilkan yang terbaik. Sukses administrasi dan sukses penyelenggaraan. “Selamat berlomba dengan penuh bahagia dan mari kita junjung sportifitas bersama,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top