• Berita Terkini

    Minggu, 09 Juli 2023

    Anak Muda Grenggeng Dikenalkan Bahasa Asing


    KARANGANYAR(kebumenekspres.com)- Untuk mengenalkan Bahasa Asing kepada generasi muda sejak usia dini, Pemedes dan Pemuda Karangtaruna Desa Grenggeng Karanganyar menggelar Foreign Language Center. Kegiatan yang diikuti 100 pelajar itu, digelar berkat kerjasama dengan SMK Binakarya 2 Karanganyar.


    Kegiatan dibuka oleh Camat Karanganyar Suis Idawati SSos. Ini dengan ditandai pemukulan Gong, Sabtu (8/7/2023). Hadir Kepala Desa Grenggeng Eri Listiawan SPdI, Forkompincam, Kepala Sekolah SMK Binakarya 2 Karanganyar Dr H Subintoro MPd dan Tokoh Masyarakat.


    Menariknya, acara yang baru kali pertama digelar itu dilakukan bukan di ruang kelas, melainkan di tempat terbuka yakni di Lapangan Lembah Pereng Desa setempat. Foreign Language Center mengusung tema “Your Proud Local (Globalisasikan Lokal Kebanggaan Anda)” acara berlangsung selama 2 hari yakni Sabtu dan Minggu 8-9 Juli 2023.

    Kepala Desa Eri Listiawa menyampaikan mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Inggris sejak usia dini kepada generasi muda. Menurutnya, ini sangat penting dikarenakan era globalisasi seperti sekarang ini Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan dan bukan lagi hanya materi tambahan.


    “Jadi program ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Asing khususnya Bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini. Bahasa Inggris kini tidak hanya sebatas tugas di sekolah, melainkan juga sering digunakan dalam pemerintahan dan di manapun,” tuturnya.


    Adapaun alasan digelar di tempat terbuka, yakni agar para siswa bisa lebih leluasa dalam melakukan pembelajaran Bahasa Inggris. Terlebih metode yang digunakan melakukan percakapan langsung antara masing masing peserta.


    “Sengaja kita pilih tempat di lapangan agar mereka lebih leluasa dan mudah mencari ide atau bahan percakapan yang akan digunakan,” kata Eri.

    Dr H Subintoro menyampaikan kegiatan tersebut merupakan Program Mbangun Desa sekolah. Ini sebagai bentuk kepedulian SMK dalam turut serta mencerdaskan generasi bangsa. Program ini baru kali pertama dilaksanakan di Desa Grenggeng.


    “Kegiatan ini merupakan program sekolah dalam rangka Membangun Desa. Utamanya di bidang peningkatan SDM. Di desa Grenggeng ini baru kali pertama dan Insya Alloh kita akan datang ke desa desa lainya nanti,” katanya.


    Dikatakan, Bahasa Inggris sangatlah penting dan berkaitan erat dengan penggunakan teknologi saat ini. Bahkan Bahasa Inggris sudah diterapkan sehari-hari oleh siswa dilingkungan SMK Binakarya 2 Karanganyar, terutama saat praktik jurusan.


    “Sejumlah jurusan yang kita siapkan yakni dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan para generasi muda dan juga untuk memberikan kewirausahaan. Sehingga mereka tidak harus ke Jakarta tapi mereka bisa berwirausaha sendiri atau membuka bengkel atau lapangan kerja sendiri,” paparnya.

    Keyza, salah seorang siswa mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan pelatihan ini ia jadi mudah menghafal Bahasa Inggris. Pihaknya berharap pelatihan tersebut bisa rutin gelar setiap tahunya.

    Sementara itu, Camat Suis Idawati menyambut baik dan mengapresiasi adanya kegiatan ini. Ia berharap dengan pelatihan ini generasi muda bangsa nantinya akan lebih memiliki wawasan dan keterampilan yang luas. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top