• Berita Terkini

    Rabu, 12 Juli 2023

    "Art Policing," Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi karena banyak faktor. Namun demikian, ada satu faktor penting, yakni rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya mematuhi dan menaati peraturan lalu-lintas. 


    Pentingnya edukasi, pendekatan humanis dari hati ke hati, baiknya terus dilakukan antara Kepolisian dengan masyarakat agar saling tahu peran satu sama lain dalam mengatasi hal ini.

    Dalam rangka itu pula, Sat Lantas Polres Kebumen menggelar kegiatan pendidikan masyarakat lalu lintas atau Dikmas Lantas yang dikemas melalui pemolisian dengan pendekatan seni budaya dan pariwisata (Art Policing). Warga pun menyambut antusias kegiatan yang digelar di Pasar Tumenggungan, Rabu (12/7)


    Acara kemarin berlangsung menarik. Pasalnya, penyajian materi yang disampaikan oleh Personel Polres tergolong unik, mulai dari pembagian jamu tradisional, sayuran, snack untuk anak-anak, serta sticker leaflet dan pamflet ajak tertib berlalu-lintas. 


    "Acara ini adalah punya kita semua. Punya masyarakat, punya Kepolisian dalam hal ini Polres Kebumen yang bertujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya tertib berlalu lintas," jelas Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto. 


    Dihubungi terpisah, Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono menambahkan pemolisian kepada masyarakat banyak sekali jenisnya, diantaranya pemolisian menggunakan budaya atau seni seperti yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres pagi ini mendatangkan pertunjukan seni musik angklung. 


    Sehingga penyampaian melalui seni ini diharapkan akan lebih menarik dan mudah ditangkap masyarakat. Pasar Tumenggungan Kebumen dipilih Sat Lantas karena setiap pagi banyak dikunjungi masyarakat sehingga penyampaian pesan Kamtibmas, ataupun tertib berlalu-lintas dapat tersampaikan secara luas.


    "Semoga melalui kegiatan ini apa yang menjadi tujuan kita bersama (menekan angka kecelakaan lalu-lintas), bisa tersampaikan dengan baik. Selanjutnya timbul kesadaran di tengah masyarakat, angka pelanggaran turun, angka kecelakaan lalu-lintas turun, serta fatalitas korban kecelakaan juga turun, sehingga Kamseltibcarlantas bisa terwujud," tandasnya.(win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top