• Berita Terkini

    Rabu, 19 Juli 2023

    Reses, Ir KRT Darori Gelar Bimtek Bareng KKP


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)--Agenda reses Anggota Komisi IV DPR RI Ir KRT H Darori Wonodipuro MM IPU tidak hanya menyerap asipirasi dari masyarakat semata, melainkan juga berbagi ilmu tentang perikanan. Dalam hal ini pihaknya melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ikan Air Tawar dan Payau.

    Kegiatan sendiri dilaksanakan bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang. Bintek tersebut diikuti oleh perwakilan dari 26 kecamatan se Kebumen. Acara digelar di Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Tegalretno Petanahan, Rabu (19/7/2023).

    Acara dibuka secara langsung oleh Ir KRT H Darori Wonodipuro. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Drs Asep Nurdiana MSi dan Kepala BLUPPB Karawang M Tahang. Selain itu hadir pula Bakal calon legislatif (Bacaleg) Gerindra DPRD Provinsi Jawa Tengah Yarianto.

    Dalam sambutannya Kepala BLUPPB Karawang M Tahang mengapresiasi perjuangan dari Ir KRT H Darori Wonodipuro. Dimana sebagai wakil rakyat  Ir KRT H Darori telah banyak berjuang untuk kemajuan Kabupaten Kebumen. Salah satunya adanya Tambak Udang BUBK yang baru ada di Kebumen. “Ini akan menjadi percontohan. Banyak yang ingin belajar di sini untuk diadopsi,” tuturnya. 

    Sementara itu, Ir KRT H Darori Wonodipuro menyampaikan pada reses kali ini pihaknya mengadakan Bimtek Budidaya Ikan Air Tawar dan Payau bersama KKP. Peserta antusian untuk mengikuti kegiatan tersebut. 

    “Budidaya Ikan Bandeng juga penting. Selama ini masih dilaksanakan di Pantura dapat mulai dilaksanakan di Pantai Selatan. Pembangunan BUBK juga diperluas. Adapun untuk pekerjanya diutamakan masyarakat setempat seperti Petanahan, Ayah, Klirong dan lainnya. Kini sudah terdapat 300 orang yang telah didik untuk bududaya udang vaname,” ungkapnya.

    Disampaikan pula, untuk uji coba pada panen kemarin hasilnya cukup bagus. Kendati demikian masih perlu untuk ditingkatkan agar hasilnya lebih maksimal. Udang sangat rentan terhadap penyakit. Bahkan kotoran burung saja dapat membawa virus.

    “Untuk Bintek sendiri terdapat 50 paket yang akan dilaksanakan di Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga. Memberi ilmu kepada masyarakat sangat penting untuk bekal kedepan,” paparnya

    Ir KRT H Darori juga menambahkan dua periode menjabat sebagai Anggota DPR RI pihaknya telah banyak menurunkan dana bantuan. Bukan hanya pada peternakan, perikanan,pertanian dan kehutanan saja, melainkan juga infrastruktur jalan. Kini beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan di Kebumen dalam waktu dekat akan dilakukan pengaspalan.

    "Banyak bantuan yang telah dikucurkan. Jika dihitung selama menjabat DPR RI dua periode kurang lebih sekitar Rp 3 triliunan bantuan yang telah turun ke Kebumen," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top