• Berita Terkini

    Jumat, 21 Juli 2023

    Sambut Bulan Muharram, Warga Kritig Gelar Among-Among

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Warga RT 3 RW 3 Desa Kritig Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen punya cara lain tersendiri untuk menyambut awal tahun baru hijriyah atau bulan Muharram 1445 H.


    Bukan ngasah keris atau mandin kembang, melainkan dalam menyambut tahun baru islam ini warga berbondong-bondong menggelar tikar dan berbagai alas memanjang di sepanjang jalan desa setempat. Mereka antuisas hadir mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga terkecuali para lansia menggelar tradisi among-among dan doa bersama dan makan bersama.


    Kaum adat setempat, Makhasim mengatakan, tradisi ini digelar setiap tahun saat menyambut bulan Muharram. Tradisi among-among dan doa bersama ini bertujuan untuk muhasabah dan mendekatkan diri kepada Alloh SWT agar selalu diberi perlindungan, kesejahteraan dan kebahagiaan dunia akhirat.


    "Pelaksanaan among-among dan doa setelah sholat maghrib, warga berkumpul diawali dengan acara tahlil bersama, dan makan bersama," katanya.

    Makhasim mengatakan, makanan yang disajikan, warga sebelumnya masak makanan secara bersama-sama. Hal ini menjadi salah satu keakraban dan kerukunan antar warga masyarakat, serta terus membudayakan gotong-royong.


    "Warga berharap kegiatan seperti ini dapat terus berjalan menjadi tradisi warga dan menjalin kerukunan," katanya. Dalam acara itu juga diisi tausiah tentang keutamaan bulan Muharram. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top