• Berita Terkini

    Jumat, 18 Agustus 2023

    Kali Pertama, Wayang Golek Pentas di Pendopo Bupati Kebumen

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Untuk kali pertama,  pagelaran wayang golek dipentaskan di pendopo rumah dinas Bupati. Kegiatan yang digelar di pendopo Kabumian Kamis siang (17/8/2023) itupun berlangsung semarak


    Dalam kesempatan itu, wayang golek menampilkan dua dalang asli Kebumen. Masing-masing, Dalang Ki Among Prasetyo Adi Nugroho dan Ki Edi Sutanto Sindu. Keduanya dengan apik membawakan lakon Rumburdangin Sayembara.


    Hadir kemarin, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, jajaran pimpinan OPD, Kepala Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap Muhamad Irwan dan juga masyarakat. 


    Wakil Bupati dalam sambutannya mewakili Bupati menyampaikan, pagelaran wayang golek yang dimainkan oleh dalang ki Among Prasetyo Adi Nugroho dan Ki Edi Sutanto Sindu merupakan wayang golek asli Kebumen. Lakon yang diangkat yaitu Rumburdangin Sayembara.

    "Mungkin orang mengira wayang golek itu adanya di Jawa Barat, tapi di Kebumen juga punya wayang golek, dan alhamdulillah ini pertama kali kita hadirkan di Pendopo Kabumian dalam rangka peringatan HUT ke 78 RI," ujar Wabup Rista.

    Rista menyampaikan pentas wayang ini  sebagai upaya pelestarian budaya. Kebumen menurutnya punya banyak dalang hebat, dan masyarakatnya masih suka dengan tontonan wayang. Terlebih pada bulan Muharam ini. 

    "Di bulan-bulan seperti sekarang ini hampir setiap malam, masyarakat di kampung-kampung masih banyak yang menggelar wayangan. Ini bukti masyarakat Kebumen masih cinta wayang, menjadikan wayang sebagai budaya adi luhur," ucapnya.

    Sementara itu, Kepala Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap Muhamad Irwan mengatakan, pihaknya terus mendukung kegiatan positif yang dilakukan pemerintah daerah. Tak lupa ia terus mengajak masyarakat untuk menggempur rokok ilegal.

    "Pada prinsipnya kita selalu mendukung apa yang menjadi program dari kebijakan pemerintah, dan kita setiap tahun selalu mekakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk kegiatan yang positif," ujarnya.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top