• Berita Terkini

    Jumat, 18 Agustus 2023

    Merah Putih 1000 Meter Dibentangkan di Terowongan Idjo

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Bendera Merah Putih dengan panjang 1000 meter dibentangkan  di Terowongan Idjo Kebumen, Jumat (18/8/2023). Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78 tahun 2023 itupun berlangsung semarak


    Bendera dibentangkan dari depan perlintasan kereta Idjo hingga atas atas bukit terowongan oleh warga Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele. Lengkap dengan Pasukan Pengibar bendera (paskibra) lengkap dengan iringan drumband bendera merah putih pelahan dibuka dari gulungan dan dibentangkan. 


    Bagi masyarakat  dan sekitarnya, Terowongan Idjo dinilai tempat bersejarah, dimana dalam proses pembuatannya pada masa penjajahan melibatkan warga sekitar yang penuh bercucuran keringat. 

    Terowongan Idjo bak menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat akan pembukaan sarana transportasi diera sebelum kemerdekaan. Hal itu dimaknai sebagai salah satu perjuangan rakyat.


    Selain itu, kondisi saat ini Terowongan sejarah Idjo sudah tidak digunakan untuk perlintasan kereta, sejak terowongan baru dengan diameter dua kali lipat lebih besar dibangun oleh PT KAI Persero tepat di sebelah terowongan Idjo lama, bahkan stasiun Idjo lama yang berada di sebelah selatan rel kereta saat ini terlihat terbengkalai, digantikan dengan pembangunan gedung stasiun baru yang berada di sebelah utara rel kereta.


    "Ini merupakan tempat sejarah bagi warga disini, sekarang terbengkalai, sejak ada terowongan baru dengan double track, juga stasiun yang baru di sebelah utara, jadi kegiatan ini sekaligus ngrumat kembali terowongan ijo," kata Salim (52) salah satu warga Desa Bumiagung.


    Terpisah, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengapresiasi kegiatan pembentangan bendera 1000 meter. Menurut bupati, kegiatan semacam ini bisa menjadi mengeratkan semangat perjuangan dan kerukunan rakyat, dimana terowongan idjo ini pada masa pembangunannya banyak jasa dari tetes keringat rakyat.


    "Ini harus dijaga dengan baik, semangat persatuannya, banyak jasa para keringat bercucuran untuk membangun terowongan ini, pada masa itu belum ada teknologi murni dengan tenaga dan pikiran, di momen kemerdekaan ini kita mesti jaga semangat perjuangan dan kerukunan memaknai kemerdekaan dengan kegiatan dan hal-hal yang positif," ujarnya.

    Hadir dalam pembentangan bendera merah putih 1000 meter, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto SH MH, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Dandim 0709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, perwakilan Kejari Kebumen dan Polres Kebumen, asisten setda, serta jajaran forkompimcam. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top