• Berita Terkini

    Jumat, 04 Agustus 2023

    Ratusan Ribu Ikan Nilem Ditebar di Poncowarno


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Anggota Komisi IV DPR RI Ir KRT Darori Wonodipuro bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan penebaran 110 ribu benih Ikan Nilem di waduk dan embung di Kecamatan Poncowarno dan Kecamatan Pejagoan, Kamis (3/8/2023).


    Penebaran benih ikan tersebut merupakan program bantuan dari Komisi IV DPR RI bersama Dirjen Perikanan Budidaya KKP melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.


    Ditemui usai kegiatan tebar benih ikan, politisi Gerindra asli Kebumen yang khas dengan logat medoknya itu, mengatakan bantuan tersebut merupakan bukti nyata serta komitmen pemerintan dan wakil rakyat untuk hadir ditengah masyarakat. 


    Pihaknya menyampaikan kegiatan tebar benih ikan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga populasi ikan dan mencegah dari kepunahan komoditas bernilai ekonomis tinggi baik di waduk maupun di embung.

    “Hari ini saya tebar 110 ribu benih ikan nilem untuk dua lokasi yaitu di Waduk Kedungdowo dan Embung Pengaringan. Kenapa ikan Nilem karena ikan ini cukup kuat bertahan hidup karena pakannya dari alam yaitu lumut,” terang Darori.


    Ikan nilem pada kegiatan Restocking tersebut dipilih karena untuk untuk melestarikan plasma nutfah ikan nilem yang merupakan ikan domestik perairan asli Indonesia. “Selain sebagai upaya peningkatan pemanfaatan sumberdaya perairan dan kelestarian lingkungan. Ikan Nilem juga termasuk ikan Herbivora jadi bisa untuk bs mengendalikan gulma di perairan disini," ucapnya melanjutkan.


    Kegiatan KKP bersinergi dengan Komisi IV DPR-RI ini untuk mendorong pemanfaatan potensi budidaya air tawar di Kabupaten Kebumen, dalam rangka meningkatkan produksi perikanan budidaya air tawar dan penguatan ketahanan pangan nasional.

    Karena masih menurut Darori potensi ketersediaan sumber air tawar masih sangat besar di Kebumen, sehingga masih menjadi daerah yang berpotensi mampu mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar sebagai sumber ekonomi bagi masyarakat.


    “Harapannya bisa memperkaya jenis komoditas ikan yang ada disini. Terus dapat menjadi penyedia bahan pangan untuk masyarakat sekitar dan terpenting melestarikan lingkungan yang seimbang,” paparnya. 

    Sementara itu, Yarianto sebagai staff ahli DPR RI sekaligus caleg Gerindra untuk DPRD Provinsi Jateng meminta adanya partisipasi dari masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan baik. Peran aktif dari pemerintah dalam membuat regulasi untuk menjaga keseimbangan alam di wilayah utara Kebumen juga mulai diperhatikan.

    “Kita semua harus ikut berperan untuk menjaga ekosistem dan lingkungan serta selalu mengutamakannya yang nantinya implikasinya ekonomi akan meningkat," ucap Yari saat mendampingi tebar benih ikan.


    Melalui kegiatan tebar benih ikan tersebut, pihaknya juga menyampaikan pesan bahwa pengembangan budidaya berkelanjutan berbasis ekonomi dapat menyeimbangkan antara kepentingan ekologi, ekonomi dan manfaat sosial bagi masyarakat.

    “Manfaat dari kegiatan tebar benih ikan ini selain melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan, nantinya dapat juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memenuhi kebutuhan protein di masa depan," ucapnya.

    Kegiatan tebar benih ikan di Waduk Kedungdowo dan Embung Pengaringan ini tentunya sejalan dengan lima program utama berbasis ekonomi biru yang diusung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top