• Berita Terkini

    Kamis, 17 Agustus 2023

    Sambut Hari Jadi Ke 394, Pemkab Kebumen Kejar UHC Program JKN


    Kebumen – Pemerintah Kabupaten Kebumen terus berupaya untuk mencapai predikat Universal Health Coverage (UHC) Program JKN demi memastikan penduduk Kabupaten Kebumen memperoleh jaminan kepastian perlindungan kesehatan. Capaian UHC di Kabupaten Kebumen ditargetkan tercapai pada tanggal 1 September 2023 mendatang. Hal itu disampaikan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, Agung Pambudi pada kegiatan Forum Komunikasi Semester II Tahun 2023, Jumat (11/08).


    Agung menjelaskan, dalam percepatan capaian UHC di Kabupaten Kebumenn  diberharap dukungan maksimal dari seluruh instansi terkait khususnya Dinas Kesehatan sebagai leading sector di bidang kesehatan. Melalui forum ini, ia meminta seluruh instansi dapat menyampaikan laporan progres percepatan sekaligus kendala yang dihadapi di lapangan.


    Menurutnya, dengan terwujudnya predikat UHC ini, penduduk Kabupate Kebumen memiliki jaminan kepastian pembayaran biaya pelayanan kesehatan pada saat mengakses pelayanan kesehatan.


    “Mari bahu-membahu bersama untuk mewujudkan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Kebumen agar masyarakat lebih sejahtera. Apabila ada kendala teknis maupun strategis segera disampaikan agar dicari solusi bersama atas permasalahan yang ada,” ujar Agung.


    Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan upaya bersama yang telah dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan pemenuhan kuota Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) oleh Dinas Sosial, menambah alokasi anggaran iuran peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Pemerintah Daerah (PBPU Pemda) Kabupaten Kebumen sekitar tujuh milyar lebih sampai dengan Desember.


    Di sisi lain, BPJS Kesehatan juga melaksanakan program Petakan, Sisir, Advokasi, Registrasi (PESIAR) dan Gerakan, Dukung, Rekrut (Geruduk) PBPU untuk memaksimalkan penambahan jumlah cakupan kepesertaan.


    “Sudah ada kurang lebih 33.000 data penduduk yang diserahakan ke BPJS Kesehatan untuk didaftarkan menjadi tanggungan pemda. Saya yakin BPJS Kesehatan mampu untuk menyelesaikannya,” ungkap Agung.


    Berdasarkan laporan BPJS Kesehatan, per tanggal 1 Agustus 2023, cakupan peserta yang terdaftar pada Program JKN di Kebumen sejumlah 1.325.217 jiwa atau 93.25% dari total jumlah penduduk semester dua tahun 2023. Ia juga menyebut untuk mencapai UHC, salah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah minimal penduduk terdaftar 95% dengan angka keaktifan 75%. Dengan upaya bersama yang telah dilakukan, ia berharap UHC di Kebumen dapat terwujud pada tanggal 1 September 2023 mendatang.


    “Jadi kalau dilihat dari jumlah yang belum terdaftar sebetulnya masih kurang 1.75% saja. Saya optimis dengan upaya bersama yang telah kita lakukan tanggal 1 September besok kita UHC. Untuk lebih amannya, saya harap bisa capai cakupan lebih dari 97%,” kata Agung.


    Agung juga menyebut, apabila UHC pada Program JKN tercapai pada bulan September mendatang, maka akan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang ke-394 yang jatuh pada tanggal 21 Agustus mendatang. Hal itu menurutnya akan menjadi kado terindah bagi masyarakat Kebumen.


    “Momentumnya sangat pas dengan hari jadi Kebumen. Tentunya dengan UHC ini, akan menjadi kebanggaan kita bersama khususnya bagi masyarakat Kebumen,” ucapnya.


    Selain itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro menyampaikan apresiasi atas dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam mewujudkan UHC di Kebumen. Menurutnya, peran serta dan dukungan dari seluruh stakeholder sangat penting untuk mensukseskan implementasi Program JKN. Ia juga menyebut Bupati Kebumen sangat concern terhadap implementasi Program JKN khususnya terkait UHC.


    “Di setiap momen ketika saya bertemu Pak Bupati, Pak Bupati selalu mengingatkan bahwa UHC di Kebumen agar dapat terwujud pada tahun 2023 ini,” cerita Dany.


    Dany juga mengatakan akan berkoordinasi dengan kantor wilayah dan kantor pusat untuk memastikan proses administrasi UHC berjalan lancar tanpa ada hambatan. Menurutnya komitmen yang diberikan Pemerintah Daerah Kebumen, sejalan dengan komitmen BPJS Kesehatan untuk mewujudkan jaminan kesehatan yang layak bagi penduduk Kebumen.


    “Alhamdulillah semangat dan komitmen yang sama untuk masyarakat Kebumen yang sehat. Kami mohon doa dan dukungannya,” tutup Dany. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top