• Berita Terkini

    Jumat, 25 Agustus 2023

    Senangnya Dul Somad Akhirnya Bisa Punya Rumah Baru Setelah Puluhan Tahun Tinggal di Gubuk Reot


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Wajah bahagia akhirnya terpancar dari Dul Somad warga Desa Rantewringin Kecamatan Buluspesantren. Bagaimana tidak. Setelah puluhan tahun hidup dalam gubuk reot, ia kini bisa menempati rumah baru yang layak huni


    Rumah baru itu resmi diserahkan kepada Dul Somad,  Kamis, (24/8). Bahagia campur haru terlihat dari wajah Dul Somad saat menerima kunci rumah barunya dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. 


    Kebahagiaan juga dirasakan para tetangga Dul Somad yang kemarin sengaja berkumpul menyaksikan prosesi penyerahan itu. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Forkopimcam Buluspesantren dan juga pemerintah Desa Rantewringin. 


    Bupati Kebumen menyampaikan,  rumah baru dan layak huni untuk Dul Somad merupakan bantuan dari komunitas Sedulur Kebumen. Bupati menyampaikan terima kasih dan sangat mengapresiasi kepedulian Sedulur Kebumen terhadap warga yang tinggal di rumah tidak layak huni. 


    Sejauh ini, Sedulur Kebumen telah membangun 42 rumah untuk warga kurang mampu. Rumah Dul Somad menjadi yang ke-42 tersebut. "Terima kasih kepada Sedulur Kebumen yang telah berhasil menyelesaikan rumah layak huni, yang sebelumnya rumahnya ada di belakang, bukan rumah tetapi bedeng, gubuk milik Pak Abdul Somad.  Alhamdulillah sekarang bisa berkehidupan secara normal,  rumah Dul Somad ini menggunakan tanah milik Pak Ahmad Sodiq tapi beliau juga mengikhlaskan untuk digunakan oleh Pak Dul Somad," ucapnya. 


    Lebih lanjut Bupati mengatakan, dalam pembangunan ini tentunya bentuk kolaborasi, tidak hanya sedulur Kebumen,  tapi juga ada dari PLN, Bank Jateng, Arwana Keramik dan Muncul Grup.  "Mudah- mudahan masyarakat bisa memahami bahwa  di Kabupaten Kebumen masih perlu kebersamaan yang kokoh untuk menyelesaikan pembangunan yang ada," jelasnya. 


    Dul Somad kini sudah bisa tinggal di rumah dengan berbagai macam fasilitas, mulai dari toilet, kamar tidur hingga ruang tamu. Bahkan perabotan seperti meja kursi, tempat tidur hingga peralatan dapur saat ini pun sudah ada, berkat bantuan dari Sedulur Kebumen dan PMI Kebumen. 

    Ia juga tidak merasa kegelapan lagi, karena sudah ada listrik yang terpasang di rumahnya tersebut. Rumah Gubuk yang menjadi tempat tinggalnya dulu seorang diri, kini telah menjadi kenangan. 

    Dul Somad saat ini berharap, agar bisa mendapatkan pendamping hidup untuk menemaninya di masa tua. Tak lupa ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan semua pihak yang memberikan semua bantuan untuk dirinya.

    " Terima kasih kepada Bapak Bupati dan semua pihak yang telah memberikan rumah ini untuk saya, saya akan tempati rumah ini, dan semoga saya dan semua mendapat keberkahan hidup dari Allah SWT," ucapnya sambil berkaca kaca. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top