• Berita Terkini

    Minggu, 13 Agustus 2023

    Tari Lengger Meriahkan HUT RI di Pohkumbang

     


    KARANGANYAR(kebumenekspres.com)- Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78 tahun Desa Pohkumbang Karanganyar menggelar pentas Seni tari Lengger. Penampilan tari disambut penuh antusias oleh ratusan warga desa setempat maupun dari luar Desa Pohkumbang. Acara berlangsung meriah di balai desa setempat, Sabtu (12/8/2023).



     Hadir Kepala Desa Pohkumbang Sudiyono, Forkopimcam Karanganyar, Kepala Puskesmas Karanganyar dr. H. Agus Supariyono serta tokoh masyarakat desa setempat.

    Kegiatan di awali dengan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba  oleh Polsek dan Puskesmas Karanganyar. Dilanjut penyerahan simbolis sembako kepada anak yatim piatu serta lansia sebanyak 75 paket.


    Ketua panitia Suratno menjelaskan kegiatan seni lenggeran sudah menjadi tradisi masyakat desanya sejak zaman dahulu. Dimana kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahunnya di bulan Muharram. 


    Suratno mengatakan tradisi lenggeran di sebut juga Barik Desa merupakan kegiatan Sedekah Bumi Desa Pohkumbang. Termasuk bentuk ucapan rasa syukur atas nikmat sehat serta hasil pertanian yang melimpah. 


    "Kegiatan tersebut ini merupakan tradisi desa kami yang disebut Barik Desa, kegiatan menampilkan pertunjukan musik calung serta tari lenggeran. Kegiatan ini rutin dilaksanakan di bulan muharam, namun karena bertepatan dengan HUT RI kami kemas menjadi satu kegiatan,” tuturnya. Selain Lengger, untuk menyambut HUT RI ke 78 juga bakal diisi dengan kegiatan perlombaan lainya. Diantaranya adalah lomba Sepak Bola, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Lomba Volly antar desa serta Karnaval Kesenian. Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut dapat menyemarakan kemerdekaan Republik Indonesia serta melestarikan budaya.


    “Semoga dengan acara yang dilaksanakan dapat memeriahkan HUT RI ke 78 di Desa Pohkumbang. Selain itu diharapkan dapat melestarikan adat istiadat kepada generasi muda,” ucapnya. (mam)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top