• Berita Terkini

    Minggu, 13 Agustus 2023

    Wabup Rista Serahkan Bantuan BSPS Desa Kalipurwo


    KUWARASAN (kebumenekspres.com)- Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST MM menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya  (BSPS). Acara penyerahan dilaksanakan di Kantor Balai Desa Kalipurwo Kuwarasan, Jumat (11/8/2023).

    BSPS sendiri merupakan bentuk perhatian Pemerintah melalui aspirasi dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Drs Utut Adianto kepada masyarakat yang membutuhkan rumah layak huni. BSPS merupakan bantuan stimulan untuk memperbaiki rumah.

    Dalam Kesempatan itu, Wakil Bupati Ristwati Purwaningsih menyampaikan dulu istilahnya adalah Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau Rutilahu. Kini istilah telah berganti menjadi BSPS. “Dulu istilahnya RTLH atau Rutilahu, kini berubah menjadi BSPS,” tuturnya.

    Dijelaskan pula, perlu swadaya dalam mengaplikasikan program tersebut. Sebab ini hanya stimulan atau perangsang. Nanti masing-masing dapat Rp 20 juta. Material 17,5 juta dan upah tukang Rp 2,5 juta. 

    “Kalau hanya menggunakan bantuan jelas kurang untuk itu harus swadaya. Ini perlu dipahami. Tujuannya  agar rumah huni lebih sehat dan layak. Jadi nanti tim memperhatikan desain agar lebih sehat,” ungkapnya.

    Adanya BSPS juga diharapkan penghuni rumah akan sehat sehingga selalu produktif. Karena ini bantuan maka penerapannya harus tepat. Tepat waktu dan tepat penggunaanya. Selain itu perlu juga laporan pertanggung jawaban yang transparan dan akuntabel. 

    “Harapan penghuni sehat agar lebih produktif. Ini perlu diingat ada swadaya. Tepat waktu jadi perhatian. Perlu juga SPJ yang  Akuntanel dan transparan,” ungkapnya pada acara yang juga dihadiri oleh Caleg DPRD Kebumen dari PDI Perjuangan Dapil 3 Kebumen Suyono.

    Disampaikan juga untuk sasaran di seluruh Kebumen, Drs Utut Adianto sebanyak 338 titik. Ini kKhusus Kebumen. Program dilaksanakan sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dan sebagainya. 

    “Semoga semua berjalan lancar. Ini aspirasi yang terus diperjuangkan. Yang mengusulkan saya, karena saya dengan Bapak Utut satu keluarga besar di PDI Perjuangan,” ungkapnya.

    Sementara itu  Kepala Desa Kalipurwo Yuli Stianto menyampaikan Atas Nama Pemerintah Desa pihaknya menghaturkan terima kasih.  Dimana Wabup Rista sudah memperjuangkan sehingga bantuan rumah bisa turun dengan jumlah cukup banyak. 

    “Tahun kemarin kami mendapatkan 28 rumah. Tahun ini ada lagi 31 rumah. Sehingga rumah warga kami jadi lebih layak dan bagus. Ini aspirasi dari Ketua DPR RI Puan Maharani dari PDI Perjuangan. Tidak hanya itu, masih banyak aspirasi lain seperti saluran irigasi, infrastruktur dan sarana pertanian,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top