• Berita Terkini

    Selasa, 15 Agustus 2023

    Warga DIY Daftar Seleksi Perangkat Desa Bagung


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Minat warga menjadi perangkat desa sepertinya kian meningkat. Setidaknya ini terlihat dari seleksi perangkat Desa Bagung Kecamatan Prembun. Puluhan peserta mendaftar ikut seleksi. Menariknya, peserta tak hanya datang dari warga setempat. Ada juga peserta dari  Sleman Yogyakarta


    Kepala Desa Bagung, Untung Hariyanto mengatakan ada sebanyak 12 peserta mendaftar seleksi perangkat Desa Bagung, terdiri dari 4 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Dari jumlah pendaftar 4 orang diantaranya berasal dari luar desa dan satu orang berasal dari Kabupaten Sleman Yogyakarta. 

    “Untuk pembukaannya hanya satu, untuk Kasie Pemerintahan, tapi yanh ndaftar ada 12 orang 4 orang dari luar desa salah satunya dari Sleman,” katanya.


    Untung Hariyanto menambahkan, seleksi kali ini untuk mengisi kekosongan Kasie Pemerintahan. Seleksi sendiri digelar Sabtu (12/8/2023) di kantor desa setempat.


    Dalam seleksi ini, para peserta harus mengikuti ujian tertulis, praktek komputer dan wawancara yang diuji langsung oleh tim seleksi. Dari hasil tes tersebut ranking tertinggi yang akan diambil dan menjadi perangkat Desa Bagung dalam jabatan Kasie Pemerintahan.

    “Kita seleksi secara profesional, saya hanya mementau saja semua sudah dilaksanakan oleh tim seleksi, dan hasilnya nilai yang tertinggi atau ranking satu yang dinyatakan lolos menjadi perangkat,” katanya.


    Tak hanya itu, pada awal tahun 2023 lalu Desa Bagung juga membuka dua slot kekosongan perangkat desa yakni Kasie Pelayanan dan Perencanaan. Dalam pembukaan itu ada 20 orang pendaftar.

    “Kemarin kita juga seleksi karena kosong dua perangkat, jumlah pendaftar 20 orang salah satunya anak saya yang kemarin ndaftar dan nggak lolos karena cuma ranking tiga,” bebernya.


    Sementara itu, Fauzia Mahdir (35) warga Desa Mukirsari Kabupaten Sleman DIY mengatakan, dirinya mendengar pembukaan calon perangkat Desa Bagung dari salah satu saudaranya.  “Tau informasi dari saudara, karena ada kesempatan pendaftaran tersebut dan terbuka untuk umum tidak hanya warga Desa Bagung saya ikut mendaftar, kebetulan istri mau mengabdi di Desa Pribungan, kalau diberi kesempatan saya juga bersedia mengandi di Desa Bagung,” kata pria yang berkuliah jurusan hukum.


    Dari hasil seleksi,Novita Pratama meraih nilai tertinggi. Sesuai tahapannya, Novita bakal segera dilantik sebagai Kasie Pemerintahan Desa Bagung yang baru. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top