• Berita Terkini

    Rabu, 20 September 2023

    Bayar Pajak Kini Cukup di Bumdes Terdekat


    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak 14 Bumdes di Kabupaten Kebumen kembali menandatangani kerjasama dengan UPPD Samsat Kebumen, Rabu (20/9/2023). Kontrak kerja sama untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan ini menambah jumlah Bumdes yang bekerja sama dengan Samsat menjadi 70 Bumdes dan Badan Usaha.


    Acara penandatangan kerjasama Samsat Budiman ini digabungkan dengan Launching Digitalisasi Penanganan Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor Guna Optimalisasi Pendapatan PKB di UPPD Samsat Kabupaten Kebumen.


    Kepala UPPD Samsat Kabupaten Kebumen, Budi Prasetyo SE, mengatakan Samsat Budiman atau Badan Usaha Digital Mandiri merupakan salah satu program inovasi untuk menjangkau para wajib pajak kendaraan bermotor yang ada di desa. Samsat Budiman ini adalah layanan online berbasis website yang memudahkan wajib pajak kendaraan bermotor mendapatkan pelayanan pajak. Dimana program ini bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai sumberdaya pelayanannya untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.


    "Lewat Samsat Budiman ini masyarakat sudah dapat membayar pajak tahunan kendaran lewat BUMDes atau Badan usaha lain yang sudah berbadan hukum, jadi tidak perlu datang ke kantor Samsat yang biasanya jaraknya lumayan jauh. Mereka cukup datang ke gerai Samsat Budiman di Kantor BUMDes terdekat yang sudah terdaftar," kata Budi dalam sambutannya.


    Sebagai bentuk inovasi dengan Bumdes atau badan usaha mandiri bentuk inovasi bekerja sama ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan  mempermudah akses pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk saat ini jumlah penandatangan bersama ada 55 Bumdes dan sekitar 22 badan usaha milik BUMD di Kebumen.


    "Untuk hari ini kita ada tanda tangan kerjasama 14 Bumdes, hingga jumlah total ada 77 badan usaha yang sudah kerjasama, dengan itu masyarakat semakin terlayani pembayaran pajak kendaraan, di setiap titik di setiap wilayah," ujarnya.


    Dari 77 badan usaha yang sudah dapat melayani Samsat Budiman ini tersebar di 24 Kecamatan se Kabupaten Kebumen, dua kecamatan yang belum ada Samsat Budiman yakni Kecamatan Alian damn Kecamatan Bonorowo.


    Selain itu, hasil dari inovasi tersebut, UPPD Samsat Kebumen per 9 September 2023 ini meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam prestasi  penanganan piutang. Sampai awal September jumlah rekam ada 23.2074 nominal sekitar 11 miliar rupiah dan yang telah dibayarkan sebanyak  5865 objek dengan nominal sekitar 3 miliar rupiah. yang sudah membayar


    "Sesuai Sk Bapenda 26 persen dari jumlah piutang itu sudah dinyatakan 100 persen, kita sudah 26,74 persen dan mendapatkan rangking 1 tingkat  Jawa Tengah untuk kinerja dalam penanganan piutang," katanya.


    Tak hanya melalui Bumdes, dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor, Samsat juga mendekatkan pelayanan diantaranya Samsat Paten Ayah, Gombong, MPP, Samsat Keliling, dan Samsat Desa. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top