• Berita Terkini

    Senin, 11 September 2023

    Bupati Kebumen Ajak Masyarakat Berdoa Untuk Korban Gempa Maroko

     


    MAROKO (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH MH tengah menghadiri acara Konferensi International Geopark saat gempa besar terjadi di Maroko. Namun rombongan Bupati Kebumen dalam kondisi sehat wal afiat. 


    Bupati pun mengajak warga turut mendoakan warga Maroko yang baru saja diterjang gempa hebat. 


    “Kita disini dan juga mengajak masyarakat yang ada di Indonesia khususnya kebumen untuk berdoa bersama agar saudara kita di Maroco senantiasa diberikan ketabahan, saat ini disini juga digelar donor darah yang akan dilaksanakan siang ini, Minggu (10/9). Kegiatan lain juga penggalangan dana untuk korban gempa, kesempatan itu pihak otoritas setempat menyampaikan beberapa analisa terkait gempa yang terjadi dan menghimbau untuk tetap tenang dan tidak panik,” kata Bupati Arif.


    Bupati menyampaikan rombongan asal Kabupaten Kebumen dan delegasi dari Indonesia merasakan gempa terasa sangat cepat datangnya disertai gemuruh. “Suara gemuruh seperti ombak yang sangat besar melalui bawah hotel, barang barang berjatuhan, dan sebagian tembok rontok, alhamdulilah kita aman, sampai pagi sebagian pengunjung hotel tidur di area terbuka dekat kolam renang, namun usai gempa reda kami kembali ke kamar dan gempa susulan terjadi beberapa kali dengan intensitas lebih kecil ,” kata H Arif.


    Dampak gempa begitu besar, bahakan saat acara kegiatan pada Minggu (10/9) suara sirine ambulans sering terdengar melintasi depan gedung berlangsungnya konferensi.  “Suara ambulans sering terdengar lewat, mungkin membawa korban yang terdampak gempa,” kata Bupati.

    Disisi lain, gempa besar yang terjadi di Maroko tidak menghentikan kegiatan konferensi. Bahkan rapat terbatas digelar pada Sabtu (9/9) malam. Rapat ini dipimpin oleh  Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN) Mr. Guy Martini.

    “Ada pertemuan darurat pasca gempa Maroco kemarin malam dipimpin oleh Mr. Guy Martini dan disampaikan langkah-langkah yang diambil sebagai mitigasi terkait kejadian gempa di Maroco kemarin malam. Ada beberapa hal yang menjadi keputusan rapat darurat ini, kita semua berdoa bersama untuk kepulihan Maroco,” ujar Arif didampingi Kepala Bappeda Kebumen Edi Riyanto yang juga mendampingi di Maroco.

    Selain itu, ada beberapa kegiatan kemanusiaan salah satunya adanya agenda donor darah untuk membantu para korban gempa, termasuk penggalangan dana untuk korban gempa Maroko. Tak hanya itu Geopark Kebumen dan delegasi Indonesia juga menggelar doa bersama bertajuk Pray For Maroco. 


     (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top