• Berita Terkini

    Rabu, 06 September 2023

    Kekeringan Melanda Tujuh Kecamatan di Kebumen


    KEBUMEN-Kemarau yang telah terjadi beberapa bulan menyebabkan tujuh Kecamatan Kabupaten Kebumen dilanda kekeringan dan mengalami kekurangan air bersih. Untuk membantu masyarakat BPBD Kebumen menyalurkan 145 ribu liter air bersih kepada masayarakat. Jumlah tersebut selalu meningkat setiap minggunya. 

    Masyarakat Kebumen yang terdampak kekeringan berjumlah 6,173 jiwa. Ini tersebar di 16 desa di tujuh kecamatan. Setiap minggunya disalurkan 29 tanki air bersih. Ini setara dengan atau 145 ribu liter air bersih dan jumlah tersebut masih terus meningkat. 

    Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Haryono Wahyudi menyampaikan penanganan yang dilakukan oleh BPBD terkait kebencanaan Hidrometeorologi kekeringan yakni ada pelayanan bantuan air bersih gratis untuk masyarakat. 

    “Satu jiwa mendapatkan tujuh liter air. Ini dapat digunakan untuk air minum dan kebutuhan makan minum. Kita saat ini juga sudah ada permohonan dari tujuh kecamatan,” tuturnya, Selasa (05/09/2023).

    Disampaikan pula jadi sesuai dengan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) titik puncak kekeringan memang sudah dimulai.  BPBD Kebumen juga menghimbau kepada masyarakat yang sumber airnya kekeringan untuk berkoordinasi dengan pihak desa. Ini agar dapat disalurkan bantuan air bersih. “Selain itu, masyarakat juga dilarang untuk membakar sampah sembarangan. Ini agar tidak terjadi kebakaran lahan saat musim kemarau ini,” ucapnya.

    Adanya kekeringan juga tak luput dari Kepedulian Polres Kebumen. Dalam hal ini Polres Kebumen melakukan droping air bersih sebanyak 5.000 liter di Desa Jemur Kebumen. Bahkan sebelumnya bersama dengan BPBD, dan TNI, Polres Kebumen menyalurkan bantuan air bersih. Ini untuk Desa Kalirejo Kecamatan Karanggayam. Desa Kenteng Kecamatan Sempor dan Desa Karangjambu Kecamatan Sruweng.

    Adapun 16 Desa dalam tujuh Kecamatan yang mengalami kekeringan meliputi Desa Karangjambu, Sidoagung, Donosari, Tangeran Kecamatan Sruweng, Desa Kenteng dan Donorejo Kecamatan Sempor, Desa Kalirejo dan Giritirto Kecamatan Karanggayam. 

    Selain itu Desa Kalirejo dan Karangmaja Kecamatan Karangayam, Desa Rowokele dan Pringtutul Kecamatan Rowokele. Desa Kalijering, Balingasal Kecamatan Padureso. Desa Jemur Kecamatan Kebumen dan Bojongsari Kecamatan Alian. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top