• Berita Terkini

    Rabu, 20 September 2023

    Krisna Kambing PE Tampil Sebagai Juara HPKSI Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Ratusan pecinta kambing kontes dari berbagai daerah di Jawa Tengah, ikut serta dalam Kontes Kambing PE (Peranakan Etawa) ras Kaligesing. Ini digelar oleh Himpunan Peternakan Kambing Seni Indonesia (HPKSI) Kebumen, di Lapangan Bumi Perkemahan Widoro, Kecamatan Karangsambung, baru-baru ini.


    Kontes kambing peranakan etawa ras Kaligesing tersebut diikuti 168 peternak dari Demak, Klaten, Purworejo, Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Batang dan tuan rumah Kebumen.


    “Kontes kambing PE ras Kaligesing ini digelar HPKSI Kebumen dengan harapan bisa menambah semangat dan menambah perekonomian peternak kambing PE di Kebumen mas," ucap Ketua penyelenggara Kontes Kambing PE ras Kaligesing Teguh Kurniawan kepada wartawan, Minggu (17/9/2023).


    Lebih lanjut Sekretaris HPKSI Kebumen ini menjelaskan kontes kambing hanya diikuti satu jenis kambing, yaitu peranakan etawa ras Kaligesing. Dengan tujuan mencari bibit kambing etawa terbaik serta untuk meningkatkan ekonomi khususnya bagi peternak kambing.


    "Terbukti kambing-kambing yang juara ini harganya mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan Kambing bernama Krisna dari Mylo Farm Wonosobo Juara 1 kategori B Jantan ditawar Rp120 juta," terangnya.

    Kontes kambing yang diselenggarakan HPKSI Kebumen ini mempertandingkan kelas A, B, C, D dan E, masing masing kelas ada dua kategori jantan dan betina. Dan memperebutkan Piala HPKSI dan hadiah puluhan juta rupiah.

    Kategori penilaian kata Teguh, terbagi di beberapa kelas dengan kategori yang berbeda. Mulai dari penilaian kepala, telinga, mata, pasung, mulut, gelambir, leher, pola warna, ekor, bulu, klontongan (torpedo jantan), dan ambing/susu (betina).

    "Tim juri menilai dengan fair, juri juga tidak tahu kambing ini dari mana saja dan punya siapa saja," paparnya.

    Sementara itu peserta kontes Mylo Farm asal Wonosobo mengaku mengikuti kontes ini sebagai hobi dan juga ingin menampilkan kambing PE super miliknya serta sebagai ajang silaturahmi antar peternak kambing PE ras Kaligesing. 

    Tampil sebagai juara 1 di kategori B Jantan kambing bernama Krisna dari Mylo Farm Wonosobo. Kambing jantan dengan postur tinggi, sudah ditawar dengan harga Rp120 juta. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top