• Berita Terkini

    Jumat, 01 September 2023

    Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Karangsambung Sarapan Bersama di Sekolah



    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Guna membiasakan diri sarapan pagi sebelum berangkat sekolah, SMP Negeri 1 Karangsambung menggelar acara Sarapan Sehat Bersama (Sarsema). Ini bagi seluruh warga sekolah, Jumat (1/9. Hal itu dilandasi oleh banyaknya siswa yang jarang atau bahkan tidak sarapan pagi. 

    Kegiatan yang dibingkai dalam jam pembiasaan itu dilaksanakan setiap Jumat pekan ke lima. Selain Sarsema, ada juga kegiatan Jumat Bersih, Jumat Bugar, Jumat religi, dan Jumat Sehat. Melalui kegiatan jam pembiasaan tersebut diharapkan siswa terbiasa melakukan aktivitas yang baik dan terprogram. 

    Kepala SMP Negeri 1 Karangsambung Sapto Wimartono STM Kom mengemukakan melalui Sarsema ke depan tidak ada lagi siswa beralasan lapar saat awal-awal jam pembelajaran. Energi sarapan sehat dari rumah akan cukup sampai dengan jam istirahat. Sehingga kegiatan jam belajar tetap efektif. Sarapan penting untuk menjaga stamina para siswa dalam mengikuti pembelajaran. 

    Kegiatan Sarsema tersebut diikuti kurang lebih 800 peserta. Ini terdiri atas siswa, guru, dan karyawan. Seluruh warga sekolah membawa bekal sarapan dari rumah. Makanan pokok dengan lauk tersebut dikemas dalam kotak bekal. 

    Adapun tujuannya untuk mengurangi produksi sampah. Bekal tersebut lalu dinikmati bersama pada waktu jam pembiasaan tiba. “Ada nilai kebersamaan dan kekerabatan muncul pada diri siswa saat makan bersama saling berbagi dan atau bertukar lauk.

    Sekolah yang memiliki brand Jujur, Obyekti, Santun, dan Semangat (Joss) tersebut berkomitmen mengawal Visi dan Misi untuk menciptakan profil pelajar yang memiliki akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam dan akhlak bernegara.

    Kebersamaan dan kekerabatan saat sarapan bersama tentu akan tumbuh pribadi-pribadi yang memiliki simpati dan empati terhadap sesama makhluk. Sedangkan pengurangan poduksi sampah merupakan akhlak kepada alam. 

    Sarapan memiliki manfaat yang penting bagi tubuh. Sarapan pagi bermanfaat untuk memberikan energi pada otak. Sarapan dapat meningkatkan stamina kerja, konsentrasi belajar, kenyamanan kerja dan belajar. Selain itu mencegah konstipasi, hiperglikemia, pusing dan gangguna kognitif . (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top