• Berita Terkini

    Kamis, 21 September 2023

    Ribuan Warga Ikuti Pengajian Akbar Ustadzah Mumpuni

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ribuan warga  Kelurahan Plarangan Kecamatan Karanganganyar dan sekitarnya antusias mengikuti pengajian akbar bersama Ustadzah Mumpuni dari Kroya Kabupaten Cilacap, Selasa (19/9/2023) malam


    Kegiatan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan terselenggara berkat kerja sama warga Plarangan dan KSPPS Harapan Umat Kebumen itupun berlangsung semarak

    Direktur Koperasi Harapan Umat Kebumen, Sakimun, mengatakan kegiatan pengajian akbar ini merupakan kolaborasi antara KSPPS Harapan Umat Kebumen dengan warga masyarakat Kelurahan Plarangan Kecamatan Karanganyar untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah. Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan menjadi sinergitas dan memperekatkan hubungan tali silaturahmi antara KSPPS Harapan Umat dengan warga Kelurahan Plarangan dan Karanganyar pada umumnya.

    "Ini terselenggara atas kerjasama kami dengan masyarakat, diharapkan dengan peringatan Maulid Nabi dengan mengundang Ustadzah Mumpuni, masyarakat bisa mendapatkan hikmah dari tauziah tersebut. Khususnya bagi kami dengan kegiatan ini setidaknya masyarakat bisa mengenal KSPPS Harapan Umat Kebumen lebih dekat dan kegiatannya," katanya.

    Selain kolaborasi kegiatan keagamaan, KSPPS Harapan Umat Kebumen juga memiliki beberapa program lain, diantaranya Baitul Maal milik KSPPS Harapan Umat yang memiliki unit pelayanan zakat infaq shodaqoh dengan program Membangun Keluarga Utama (MKU). Program MKU ini meliputi jumat berkah dengan memberikan sedekah nasi bungkus dan snack, pemberian santunan anak yatim yang digelar setiap bulan untuk warga miskin dan guru ngaji,


    "Untuk kegiatan Baitul Maal ini terus berkelanjutan diseluruh wilayah Kabupaten Kebumen, kita juga senantiasa memberikan bantuan untuk musibah bencana alam," katanya.


    Selain itu, pada program Tamwil, KSPPS Harapan Umat juga melaksanakan kegiatan usaha komersial berupa simpan pinjam dan pembiayaan syariah berbasis koperasi. Pembiayaan syariah ini memberikan fasilitas kepada anggota koperasi berupa dukungan dana untuk kegiatan ekonomi permodalan, pemberian modal dagang berupa peralatan usaha dan kendaraan.


    "Untuk kegiatan simpanan KSPPS Harapan Umat Kebumen menerima simpanan dari anggota dalam bentuk, program simpanan sukarela dan simpanan lain serta deposito. Untuk syarat menjadi anggota KSPPS Harapan Umat, harus warga penduduk asli kebumen dibuktikan dengan identitas, mengajukan permohonan dengan syarat foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK), menyetor simpanan pokok Rp 10 ribu sekali pada awal, dan simpanan wajib sebesar seribu rupiah setiap bulannya," tambah Sakimun.


    Dengan syarat itu, anggota bisa memanfaatkan fasilitas dari KSPPS berupa menyimpan uang, mulai dari simpanan haji, umroh dan simpanan hari raya. Tak hanya itu untuk pembiayaan anggota bisa mendapatkan limit pembiayaan maksimal Ro 300 juta dalam jangka waktu 3 bulan hingga 5 tahun.


    "Kegiatan ini juga salah satu upaya pendidikan edukasi masyarakat untuk lebih mengenal koperasi syariah, agar masyarakat juga terbantu dengan segala kemudahan dan pelayanan kami," katanya.


    Terpisah, Camat Karanganyar, Suis Idawati mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya pengajian Ustadzah Mumpuni. Dengan kegiatan ini diharapkan warga Kelurahan Plarangan khususnya dan warga Kecamatan Karanganyar semakin semangat untuk beribadah.


    "Kami sangat mendukung, kegiatan ini bisa menjadi pacuan semangat warga masyarakat untuk beribadah dan menjalin tali silaturahmi," katanya. (fur


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top