• Berita Terkini

    Selasa, 31 Oktober 2023

    Sumpah Pemuda, Mahasiswa IAINU Bersih Pantai


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Memperingati Hari Sumpah Pemuda, sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menggelar aksi bersih pantai. Kegiatan tersebut, dilakukan di Pantai Karangbolong Kebumen Sabtu, (28/10). 

    Aksi itu, juga berkolaborasi dengan Gerakan Aksi Muda Jaga Iklim (AMJI). Ini juga untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, terutama pada obyek wisata. Dimana, aksi tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Malam Keakraban (Makrab) FEBI tahun 2023.

    Usai melakukan aksi bersih pantai, para mahasiswa mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda. Dilanjutkan dengan  Sumpah Pemuda Jaga Iklim dan menyanyikan lagu Padamu Negeri. 

    Ketua Ketua Panitia Makrab IAINU Kebumen 2023 mengatakan gerakan aksi tersebut, sebagai media belajar bagi mahasiswa FEBI untuk menumbuhkan sikap cinta alam dan kebersihan lingkungan. Selain itu juga untuk memberikan kesadaran bersama akan krisis iklim. Menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan juga selaras dengan hadits Nabi Muhammad SAW bahwa kebersihan sebagian dari iman.

    Dalam hal ini kebersihan menjadi hal yang sangat penting dan pokok. Kebersihan akan menciptakan kesehatan. Kebersihan juga mewujudkan kelestarian. Sementara lingkungan yang kotor akan cederung membawa penyakit dan kerusakan.

    “Sebagai media belajar bagi mahasiswa FEBI untuk menumbuhkan sikap cinta alam dan kebersihan lingkungan serta sadar akan krisis iklim. Selain itu, hal tersebut merupakan bagian dari mengamalkan Hadits Nabi Muhammad SAW bahwa kebersihan sebagian dari iman,” tuturnya. 

    Ketua DEMA FEBI IAINU Akrom Amrulloh mengatakan mahasiswa harus berperan dalam menjaga lingkungan. Ini karena hal tersebut juga merupakan bagian dari nilai-nilai Sumpah Pemuda. “Menjaga lingkungan sama dengan mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda," katanya.

    Sumpah Pemuda sendiri menjadi bagian penting dalam Sejarah Indonesia. Di mana kala itu jauh sebelum kemerdekaan, pemuda membuat gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda kedua pada 27-28 Oktober 1928. Kongres dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia. (mam


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top