• Berita Terkini

    Senin, 06 November 2023

    Listrik Kini Masuk Kebun Kelengkeng

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-PLN Kebumen kembali melakukan penyalaan layanan electrifying agriculture pada Edu Agrowisata Kelengkeng. Ini berlokasi di Lembupurwo, Mirit. Penyalaan dilakukan langsung oleh Manager ULP Kebumen Muhdam Azhar, baru-baru ini.

    Dalam kesempatan tersebut, Muhdam Azhar didampingi oleh Jajaran Team Leader dan Pegawai PLN Kebumen serta dihadiri Owner Edu Agrowisata Kelengkeng Kebumen Ahmad Janan.

    Owner Edu Agrowisata Kelengkeng Kebumen Ahmad Janan menjelaskan sebelumnya para petani di Lembupurwo menggunakan mesin sedot air yang berbahan bakar bensin (genset). Ini untuk kegiatan penyiraman kebun kelengkeng. Hal ini dirasa tidak efektif, mahal, dan tidak praktis serta tidak efisien.

    “Kami sangat berterimakasih kepada PLN yang sudah menghadirkan listrik di lokasi pertanian kami. Sehingga kami dapat terbantu dan tentu biaya operasional dapat kami pangkas. Dengan listrik lebih mudah, murah dan praktis,” ungkap Ahmad Janan.

    Adanya listrik petani juga dapat melaksanakan penyiraman secara otmatis. Selain itu penyiraman juga dapat dilaksanakan secara terjadwal. Bukan itu saja, pengoprasian alat penyiraman dapat dilakukan dimana saja sepanjang terdapat koneksi internet.

    “Dengan hadirnya listrik, kami saat ini juga sudah menggunakan alat penyiraman tanaman otomatis berbasis IoT (Internet of Things). Kami dapat menyiram seluruh tanaman secara terjadwal dan dapat dilakukan dimana saja kita berada cukup diaktifkan melalui smart phone. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada PLN,” tuturnya. 

    Pihaknya memanhkan kebun kelengkeng ini nantinya juga akan digunakan sebagai tempat edukasi para petani buah kelengkeng yang ada di Kebumen dan tempat agrowisata kebun Kelengkeng. Sehingga para petani kelengkeng dapat lebih maju lagi.

    Sementara itu Manager ULP Kebumen Muhdam Azhar mengucapkan selamat kepada Edu Agrowisata Kelengkeng. Listrik dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk keperluan pertanian dan lainnya.

    “Kami ucapkan selamat dan sukses kepada Edu Agrowisata Kelengkeng Kebumen yang sudah dialiri listrik dari PLN. Dengan menggunakan listrik dari PLN petani disini juga sudah memanfaatkan teknologi penyiraman otomatis dan ini sangat penting untuk kemajuan pertanian di Kebumen. Mari seluruh petani di Kebumen untuk beralih dari genset ke listrik dari PLN, semuanya menjadi lebih mudah, murah dan lebih efektif,”  ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top