• Berita Terkini

    Kamis, 02 November 2023

    "Nyanding Jamu" Coba Bawa Jamu Tradisional Naik Kelas


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Nyanding Jamu merupakan kedai jamu dengan konsep kekinian yang dikembangkan oleh Imanintan Susan dan Siska Wulandari.  Keduanya fokus mengembangkan kedai tersebut. Tidak hanya untuk melestarikan jamu, namun juga menjadikan minum jamu sebagai gaya hidup baru yang keren di era modern.

    Nyanding Jamu juga merupakan mitra UMKM binaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Pujakesuma Poltekkes Surakarta. Ini berada di Jalan Cempaka. Tepatnya di Utara palang pintu Rel KA Wonokriyo Gombong.

    Tidak seperti kedai pada umumnya yang selalu menyajikan kopi dan makanan modern. Sesuai namanya, Nyanding Jamu memiliki konsep yang unik, yaitu menyajikan jamu minuman tradisional sebagai sajian utamanya.

    “Budaya anak muda sekarang suka ngumpul bareng temen atau nongkrong di kafe yang instagramable. Melihat adanya trend tersebut, kami mencoba untuk menyatukan dua budaya yang sebenarnya sangat bertolak belakang yakni nongkrong di kafe dengan budaya meminum jamu,” tuturnya Manager Nyanding Jamu Siska Wulandari, Selasa (31/10)

    Dengan pemikiran seperti itu kemudian terciptalah Nyanding Jamu sebagai tempat nongkrong anak muda. Terdapat minuman jamu yang telah diinovasi tanpa mengurangi manfaatnya. Nyanding Jamu yang didirikan sejak tahun 2022. Ini menyediakan jamu racik seduhan, jamu racik bahan segar, jamu tradisional seperti kunir asem, beras kencur, paitan, jamu latte oesadhi, jamu susu, dan masih banyak lagi.

    “Menu unggulan di Kedai kami ada Kunir asem Yakult. Saya lulusan sekolah jurusan jamu. Memiliki latarbelakang keluarga memiliki usaha jamu. Jadi setiap seduhan jamu yang tersedia di Nyanding Jamu dipastikan aman karena dibuat oleh saya yang tentunya memiliki kompetesi di bidang jamu,” kata Imanintan Susan

    Adapun semua jamu yang tersedia di Kedai Nyanding Jamu merupakan jamu racikan sendiri. Seperti jamu Sari Alami milik orang tua Imanintan Susan, Putri Semanding milik Kakaknya dan Jamu Oesadhi yang merupakan brand jamu latte milik Imanintan Susan.

    Di sini, pembeli bisa minum jamu dan memilih menu jamu yang ada atau menyebutkan keluhan kesehatan pada Imanintan Susan yang merupakan lulusan D3 Jamu.

    Saat masuk pengunjung Kedai Nyanding Jamu akan disambut dengan stoples berisi bungkusan jamu tradisional baik berbentuk bubuk maupun ramuan rempah kering yang dipajang di etalase. 

    Cara pembutan jamu masih sangat tradisional. Tujuannya untuk mempertahankan cita rasanya tetap autentik walau dikemas dengan inovasi. Aneka rempah-rempah dan bahan jamu masih ditumbuk dengan penumbuk tradisional dan selalu diracik segar. 

    Tiap jamu yang ada memiliki keunikan dan manfaatnya masing-masing yang cukup bervariasi. Harga mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribu saja.  Beberapa jenis jamu dapat dinikmati dengan menggunakan es, antara lain Jahe Kencur Jeruk, Kunyit Asem Yakult yang cocok menemani pengunjung bersantai saat cuaca sedang panas.

    Selain minuman jamu, Kedai Nyanding Jamu juga menyediakan makanan kecil sebagai pendamping meminum jamu. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top