• Berita Terkini

    Senin, 20 November 2023

    Polres Kebumen Dorong Grup Legenda Keroncong "The Generation" Bangkit Kembali


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Para pelaku dan seniman musik keroncong di Kebumen mengaku khawatir dengan masa depan musik genre tersebut. Pasalnya, minat generasi muda untuk menekuni musik ini tergolong rendah.



    Hal itu diungkapkan para seniman musik keroncong saat berdialog dengan jajaran Polres Kebumen dalam program "Jumat Curhat Polres Kebumen" akhir pekan lalu. "Musik keroncong di Kebumen kian meredup," ujar Sukiman, salah satu personel keroncong The Generation Kebumen. 


    Kemarin, Sukiman dkk berdialog dengan PJU Polres Kebumen yang terdiri dari Kabaglog Kompol Hari Harjanto, Kasat Resnarkoba  AKP Khusen Martono, Kasat Binmas Iptu Joyo Suharto


    Iptu Joyo menyampaikan, program Jumat Curhat edisi kemarin dalam rangka menggairahkan kembali musik keroncong di Kebumen yang sempat mengalami masa kejayaan


    Marikun salah satu personel The Generation mengapresiasi kedatangan Polres Kebumen. Ia bersama dengan group musiknya tak pernah menyangka akan disambangi Polres Kebumen. 


    "Saya kagum dengan petugas kepolisian yang masih sayang dengan keroncong. Namun tadi yang telah disaksikan oleh bapak-bapak semua, kami menggunakan alat musik yang sudah sangat tua. Bahkan jika diperhatikan, cello kami stangnya lepas. Jadi senar harus disetel ulang," kata Marikun.  Marikum menuturkan, di Kebumen sendiri memiliki banyak group musik keroncong. Namun banyak dari mereka, personelnya telah meninggal dunia tanpa ada pengganti. 



    The Generation  bermarkas di Gang Pelatuk, Kelurahan/ Kecamatan Kebumen. Grup ini termasuk yang masih konsisten melestarikan keroncong di Kebumen meski jarang sekali tampil.  Banyak kejuaran yang diraih The Generation untuk tingkat Provinsi hingga nasional. Banyak pula mantan vokalis akhirnya bisa solo karir berkat tempaan The Generation.  The Generation dulu sering tampil sebelum ada Pandemi Covid 19. Namun setelah pandemi, keroncong The Generation seakan tenggelam. 


    "Saat itu banyak yang terhibur dengan penampilan kami. Karena lagu yang kita mainkan tidak hanya murni keroncong. Semua lagi bisa kita iringi. Bahkan kereta api lewat bisa kita iringi," kata Marikun. 


    Iptu Joyo menyampaikan, Polres Kebumen bakal berupaya agar musik keroncong khususnya Grup The Generation Kebumen bangkit dan berjaya kembali.  "Terimakasih saya sudah diberikan kesempatan untuk nyanyi juga. Musiknya sangat enak. Besok kapan-kapan main di Polres Kebumen kalau pas ada kegiatan. Akan kami undang," ungkap Iptu Joyo


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top