• Berita Terkini

    Jumat, 24 November 2023

    Ratusan Bibit Alpukat di Tanam di Desa Krakal


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Sebagai upaya merealisasikan prinsip ESG atau environmental (lingkungan), social (Sosial), dan governance (tata kelola) yang selaras dengan penguatan aspek lingkungan dan sosial PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk konsisten melaksanakna Program BRI Menanam. 


     Kali ini, sebanyak 110 bibit Alpukat jenis Aligator ditanam di Desa Krakal Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Penanaman dilakukan oleh BRI Kantor Cabang Kebumen dan Unit Alian bersama Forkompimcam Kecamatan Alian, Kamis (23/11/2023).


     Pemimpin Cabang BRI Kebumen Radiany Catharina, mengatakan program BRI Menanam tahun 2023 ini, BRI Kebumen memberikan total 1.100 bibit tanaman produktif yang dibagi di 10 desa di wilayah kerja BRI Kantor Cabang Kebumen.


     “Tahun ini ada 10 desa dibawah yang kita berikan bibit tanaman, masing-masing desa mendapatkan 110 bibit, seperti di Desa Krakal diwilayah BRI Unit Alian ini kita berikan bibit alpukat untuk meningkatkan kelestarian lingkungan dan produktifitas ekonomi,” katanya.


     Radiany menjelaskan, dari 10 desa yang mendapatkan program BRI Menanam diantaranya Kecamatan Prembun 4 desa di dua Unit, Karangsambung 2 desa, Klirong 1 desa, Alian 1 desa, Mirit 1 desa dan Unit BRI Dorowati 1 desa.


     “Program BRI Menanam merupakan upaya perseroan dalam melaksanakan salah satu inisiatif ESG yaitu program absorbs emisi karbon di aspek lingkungan dan pengembangan komunitas di aspek sosial, yang diharapkan menjadi program penggerak ekonomi lokal sebagai wujud kolaborasi antara BRI dengan entitas masyarakat untuk menerapkan aspek-aspek ekonomi, sosial dan lingkungan,” katanya. 


     Tak hanya itu, program ini juga senagai Implementasi BRI Menanam di Desa BRILian (Desa Binaan BRI) dilakukan dengan berkolaborasi serta melibatkan perangkat desa, figure inspiratif lokal, klaster usaha, Agen BRIlink, termasuk dalam hal monitoring keberlanjutan. 


     “Untuk mendukung kesuksesan program ini, jenis bibit yang ditanam di masing-masing desa sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat dan juga menyesuaikan jenis lahan. Sehingga, bibit yang ditanam tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan, bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa,” katanya. 


     Sementara itu, Camat Alian, Anton Purwanto, mengucapkan terimakasih atas program BRI Menanam yang masuk di wilayah Kecamatan Alian. Menurutnya hal itu selaras dengan program Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto yakni program Nandur Wit Nggo Anak Putu.


     “Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi program ini, karena sejalah dengan program Bupati dan Pemkab Kebumen yakni Nandur Wit Nggo Anak Putu,” katanya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top