• Berita Terkini

    Selasa, 12 Desember 2023

    Cegah Banjir, Warga Kebumen Gotong-Royong Bersihkan Drainase

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Guna mencegah terjadinya banjir di musim penghujan, warga masyarakat Kabupaten Kebumen bergotong-royong membersihkan dan memperbaiki drainase. Hal ini dilakukan, untuk memperlancar aliran air. Sehingga tidak ada genangan, saat hujan deras terjadi.

    Seperti yang dilakukan oleh warga Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen. Masyarakat disini bergotong-royong bersama-sama membersihkan dan memperbaiki saluran air di desanya.  Sejumlah saluran air, yang kondisinya kotor dan tidak terurus sejak lama, tidak luput dari aksi bersih-bersih warga. Dalam waktu satu hari, warga berhasil memperbaiki 196 meter, saluran drainase di wilayah tempat tinggalnya.

    Selain membersihkan drainase, warga setempat juga membersihkan pekarangan. Ini agar terlihat asri dan indah dipandang. Usai melakukan kerja bakti, warga kemudian bersantap siang bersama, karena hal ini telah menjadi tradisi masyarakat setempat.

    Untuk perbaikan dan pembangunan drainase ini, warga juga menerima bantuan berupa 91 zak sementara, dari dana aspirasi DPRD Kebumen. Warga berharap, lingkungan yang bersih dan drainase yang lancar, bisa mencegah terjadinya banjir saat musim hujan.

    Ketua RT 4 Setempat Paryanto menyampaikan kegiatan dilaksanakan  karena mendapatkan bantuan semen sebanyak 91 zak dari aspirasi DPRD Kebumen.  Ini digunakan untuk saluran drainase rumah tangga sepanjang 196 meter. 

    Kegiatan juga dilaksanakan menjaga kesehatan lingkungan terlebih di musim hujan tentunya air tergenang dapat menjadi sarang nyamuk. Bantuan yang diterima berupa semen. Sedangkan untuk pasir dan tenaga serta lainnya dilaksanakan secara swadaya.

    “Kegiatan hari ini adalah kerja bakti karena untuk RT 04 mendapatkan bantuan Semen sebanyak 91 zak dan dipergunakan untuk pembangunan saluran drainase dari rumah tangga sepanjang 196 meter,” tuturnya.

    Warga juga berterimakasih atas bantuan tersebut. Bantuan dipergunakan dengan baik untuk membantu pembangunan sarana umum. Sehingga drainase dapat kembali berfungsi dengan baik dan normal. Bantuan juga bagian dari kepedulian pemerintah terhadap warga masyarakat. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top