• Berita Terkini

    Rabu, 13 Desember 2023

    Jelang Nataru, KRT Darori Pantau Pasar


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Anggota Komisi IV DPR RI Ir KRT Darori Wonodipuro mendatangi satu persatu lapak para pedagang di Pasar Petanahan, Rabu (13/12). Darori melakukan pantauan harga kebutuhan bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).


    Darori melakukan pantauan harga di pasar sebagai cara untuk mengetahui harga bahan kebutuhan pokok dan menjaga kestabilan harga selama jelang Natal dan Tahun Baru 2024. 


    Terutama pada sektor sayur mayur yang sebelumnya mencatat adanya kenaikan harga yang cukup signifikan, terutama harga cabai rawit yang melonjak tinggi hingga hampir menembus angka Rp100 ribu perkilo, hari ini (Rabu) turun menjadi Rp 75 ribu perkilo.


    Harga cabai kriting merah sebelumnya mencapai Rp 70 ribu per kilo kini turun menjadi Rp 55 ribu per kilo. Harga bawang merah kisaran Rp 32 ribu perkilogram. Untuk bawang merah besar senilai Rp 35 ribu perkilogram.


    Bawang putih kating Rp 35 ribu perkilo, sedangkan bawang putih biasa  Rp 26 ribu perkilogram. Sementara, harga daging ayam Rp 33 ribu perkilogram.


    Harga daging ayam stabil jika dibanding jelang nataru tahun sebelumnya yang mencapai Rp 40 ribu perkilogram.


    "Kalau harga ayam sudah normal perkilo Rp 33 ribu, harga telur ayam yang kemarin sempat tinggi sekarang juga sudah stabil Rp 27 ribu perkilo mas," ucap Sarno salah satu pedagang ayam di Pasar Kebumen. 


    Darori mengungkapkan dirinya sengaja turun ke pasar-pasar tradisional yang ada di Kebumen untuk melakukan pemantauan harga dan ketersedian barang sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar menjelang peringatan hari natal dan tahun baru (Nataru) 2024.


    Usai berkeliling pasar sembari berbincang dengan para pedagang, Politisi Gerindra asli Kebumen ini menyampaikan harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2024 di Kebumen, Jawa Tengah terbilang stabil.


    Dari hasil pantauan di beberapa pasar diketahui harga bahan pangan pokok seperti beras, gula, dan minyak goreng cenderung stabil dan masih pada level yang dapat diakses oleh konsumen.


    "Hari ini saya sebagai anggota Komisi IV  DPR RI melaksanakan pemantauan harga-harga kebutuhan pokok jelang hari Natal dan Tahun Baru 2024. Alhamdulilah semua stabil dan masih cukup terjangkau oleh masyarakat. Termasuk untuk harga beras terpantau stabil dan pasokan cukup. Lalu sayur-sayuran ada beberapa yang masih cukup tinggi," lanjutnya.


    Darori menambahkan pihaknya akan terus memantau dinamika harga kebutuhan pokok di pasar sebagai upaya untuk mencegah lonjakan harga yang signifikan, dengan mengimplementasikan langkah-langkah pengendalian inflasi untuk menjaga daya beli masyarakat.


    "Nantinya hasil pantauan ini saya laporkan ke pusat sebagai bahan pembahasan untuk mengambil kebijaksanaan, intervensinya seperti apa kalau seandainya harganya lebih tinggi," imbuhnya.


    Selain memantau harga-harga kebutuhan bahan pokok di pasar, Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra ini sebelumnya juga menyerahkan 495 paket komoditi pangan untuk warga Kebumen. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top