• Berita Terkini

    Senin, 04 Desember 2023

    MAN 2 Kebumen Raih Juara 3 Nasional Lomba Esai Lingkungan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Kebumen berhasil meraih Juara 3 Nasional. Ini pada lomba Esai Ide Kreatif Lingkungan Meteorological Competition Event 2023. Ajang bertema “Krisis Iklim, Panggilan Berinovasi untuk Selamatkan Bumi”, tersebut diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), beberapa waktu lalu.

    Dalam ajang tersebut MAN 2 Kebumen bersanding dengan SMA Pradita Dirgantara yang merupakan salah satu SMA favorit di Indonesia. SMA Pradita Dirgantara meraih juara 1 dan SMAN 1 Jember sebagai juara 2. 

    Dalam lomba kali ini, MAN 2 Kebumen mengusung inovasi lingkungan yang diberi nama Artificial Tree of Nusantar (Antara ). Sebagaimana disampaikan oleh Guru Pembimbing Kartina Dati SPd Si MSc bahwa ide inovasi tersebut berawal dari adanya konsep sederhana yakni dari proses fotosintesis yang bisa menghasilkan O2 dengan bahan berupa CO2. Sinar matahari dan kloroplas yang ada di microalgae. 

    “Microalgae yang kita gunakan adalah kelas chlorophyta yaitu spesies Chlorella. Dengan ide awal konsep sederhana ini memunculkan ide kami untuk menciptakan inovasi photobioreactor cultivation microalgae yang kami namakan Antara,” tutur Kartina Dati. 

    Inovasi tersebut dikembangkannya. Pihaknya berharap untuk jangka panjangnya dapat menciptakan sebuah keseimbangan lingkungan yang nantinya akan menciptakan keseimbangan ekosistem yang berkelanjutan atau sustainable environment. 

    Masih menurut Dati, bahwa inovasi Antara nantinya akan diimplementasikan pada Penerangan Jalan Umum (PJU) yang akan dipasang di pinggir jalan kota-kota besar, kawasan industri, trotoar, halte bus. Selain itu juga kawasan-kawasan yang banyak mengeluarkan emisi karbon yang tinggi. 

    “Inovasi Antara juga akan bisa menyerap karbon dan nantinya oleh mikroalga digunakan untuk proses fotosintesis sehingga dihasilkan oksigen. Udara akan makin bersih dan nantinya akan bisa mengurangi dampak adanya global warming,” papar Dati.

    Proses kejuaraan yang diraih MAN 2 Kebumen melalui seleksi beberapa tahap. Pada 25 November 2023 bertepatan dengan Hari Guru Nasional, peserta didik MAN 2 Kebumen mengikuti seleksi finalis di ITB. 

    Sebelum babak tersebut, terlebih dahulu mengikuti babak penyisihan dengan mengirimkan essay, dimana MAN 2 Kebumen masuk dalam 15 essay yang masuk tahap final dari 100-an essay lebih yang dikirim. 

    “Alhamdulillah ketika final anak-anak presentasinya mantap banget. Mereka menguasi materi. Untuk juri dari BMKG dan dosen meteorologi ITB. Ketika sesi tanya jawab dari BRIN, katanya bagus inovasinya dan mau dimasukkan ke BRIN . Semoga bisa dikembangkan ke event lainnya,”  papar Dati.

    Atas prestasi yang diraih anak didiknya, Kepala MAN 2 Kebumen Drs Warsam MPd menyambut gembira dan memberi apresiasi setinggi-tingginya. Pihaknya selalu optimis bahwa peserta didik MAN 2 Kebumen adalah generasi juara. 

    “Alhamdulillah, apresiasi tinggi untuk para juara. Ini saya juga dapat WA dari pembimbing, katanya minta maaf belum bisa memberikan yang terbaik. Lho, kita ini Juara 3 nasional di ITB. Kita bisa bersaing dengan SMA se-Indonesia. Bahkan MAN 2 Kebumen ada di urutan ketiga setelah SMA Pradipta Dirgantara sebagai juara 1 dan 2. Itu SMA favorit di Indonesia. Kita bisa bersanding disana,” tegasnya. 

    Dengan prestasi tersebut, Drs Warsam pun semakin bangga bahwa madrasah hari ini sudah bisa bersaing dengan SMA, bahkan SMA favorit. Ini tentu perkembangan yang bagus, karena di madrasah bukan sekedar pengetahuan umum yang diberikan, tetapi juga pengetahuan agama. 

    “Ini menandakan siswa madrasah adalah generasi yang luhur pekerti dan unggul prestasi, sebagaimana slogan kami di MAN 2 Kebumen,” ucapnya. (mam)  


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top