• Berita Terkini

    Jumat, 05 Januari 2024

    Bupati Tegur Panitia Kebumen Beach Marathon 2023


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kacaunya gelaran Kebumen Beach Marathon 2023 mendapat respons dari  Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto. Bupati menegur Panitia Kebumen Beach Marathon 2023. Bupati Arif mengatakan, kekacauan dan banyaknya komplain dari para pelari profesional merupakan murni kesalahan panitia. 


    Kesalahan dan kendala terjadi karena tidak adanya teknikal meeting dan pengarahan. 


    “Event besar seyogyanya penitia menggelar tacnical meeting, disimulasikan kepada para peserta bagaimana rute dan petunjuk arahnya, sehingga peserta mampu memvisualisasi sebelum melakukan start," ujar Bupati saat menghadiri rapat evaluasi di Ruang Arumbinang Pendopo Kabumian, Kebumen, belum lama ini.



    Teguran itu lantaran banyaknya keluhan para peserta lari yang salah rute akibat kurang jelasnya penanda akibat kurangnya breafing dan sosialisasi kepada peserta lari lintas pantai ini. 


    "(Yang terjadi di lapangan) Tidak ada sebelum lari pelari ngecek rute, padahal boleh, akibat rambu-rambu ini bisa jadi sebagian tidak melihat dan sebagian tidak memahami, namun peserta yang finish sesuai jalurnya juga banyak, ini menjadi evaluasi kedepan,” kata Bupati 


    Bupati menegaskan, kedepan event semacam ini harus dipersiapkan lebih matang, petunjuk arah harus sesuai dan mengunakan warna kontras dan pelari di masing-masing kategori secara jersey harus dibedakan juga dengan panitia. Selain itu petugas pencatat waktu dan juga harus lebih jeli dalam mencatat serta menjaga sterilisasi lintasan.


    “Panitia sudah memberikan petunjuk arah dalam bentuk kura-kura yang merupakan iconic pesisir kebumen. Apakah petunjuk ini terlalu kecil, atau lokasinya tidak mudah terbaca, nah ini panitia harus bisa menjawab, yang pasti petunjuk arah itu ada, peserta juga banyak yang fisnis sesuai rute, termasuk bupati juga ikut lari,” tegasnya.


    Meski menegur, Bupati juga mengapresiasi kinerja panita tim marketing yang mampu menyerap ribuan pelari dan mendatangkan pelari luar negeri dari 8 negara yang berbeda. 

    “Pesertanya banyak dari luar daerah, hal ini luar biasa berarti marketing manajerialnya sukses, karena tidak hanya peserta dari dalam negeri saja. Bahkan peserta 8 negara yang berbeda bisa hadir, secara endors marketing kita acungi jempol untuk panitia, kemarin bisa diikuti 2650 peserta lari, meningkat jauh dari Kebumen Beach Half Marthon tahun 2022,” katanya. 


     Bupati Arif Sugiyanto mencerikan, Kebumen Beach Half Marathon tahun 2022 lalu merupakan ide dan gagasannya. Selain untuk mewadahi masyarakat Kabupaten Kebumen yang hobi olahraga lari. Tujuan utama event ini digelar untuk mengerakan perekonomian masyarakat dan mendorong sektor pariwisata di Kabupaten Kebumen untuk menjadi tujuan wisata dan mengenalkan potensi wisata kebumen. 


    “Kebumen Beach Marathon 2023 ini berawal dari event Kebumen Beach Half Marathon 2022, untuk mewadahi masyarakat Kabupaten Kebumen yang hobi olahraga, kurang lebih 4500 peserta yang ikut, namun pelari profesional yang hadir hanya sekitar 700 pelari saja dan sisanya masyarakat, saya selaku Bupati berharap ide kegiatan Kebumen Beach Marathon ini dikerjakan oleh para generasi milenial, tidak ditompang oleh pemerintah secara daerah secara manajerial, sehingga generasi kita punya kemandirian dan profesional dalam menggelar event bergensi,” katanya.


    Tak hanya itu, dalam kegiatan kolaborasi ini, Bupati juga berkomunikasi dengan pemerintah pusat dan menghadirkan Mentri Perdagangan, untuk Zulkifli Hasan melepas start, dan meresmikan Pandankuning Park. 


    “Saya selalu Bupati mendorong dititik akhir, berkomunikasi dengan pemerintah pusat hadiriah Mentri Perdagangan, sekaligus meresmikan pasar pagi dan mendorong pemerintah pusat membangkitkan sektor perekonomian di kebumen yang sepi dan alhamdulillah Pak Mentri berkenan melepas peserta tepat pukul 05.30 WIB dan bahkan ikut lari menikmati jalur lari dipasir pantai,” katanya. 

    Di bagian lain, Ketua Panitia Kebumen Beach Marathon (KBM) 2023, Santoso Budiawan pun mengungkapkan permintaan maaf atas ketidaknyamanan peserta KBM 2023.  Santoso mengatakan, semua aturan sudah terupload di web site dan media sosial Kebumen Beach Marathon 2023. Namun pihaknya mengakui dan mohon maaf bahwa ada sedikit kendala dari tim pencatat waktu dan penanda arah yang kurang terbaca oleh para peserta 

    “Semua persyaratan dan aturan sudah ada di website kami, termasuk dalam aturan itu peserta bisa mengajukan komplain jika hasilnya tidak sesuai,” katanya.


    Evaluasi dari rambu-rambu dan tanda, pihaknya menjelaskan, bahwa road marathon dan trail marathon berbeda. Event Kebumen Beach Marathon ini, Santoso menyebutkan, merupakan trail marathon sehingga sedikit berbeda.


    “Kalau kita bicara road marathon dan trail marathon itu berbeda, jadi kalau road marathon itu peserta tidak boleh mikir apapun selain lari mas jadi semua harus aman harus steril, Kebumen Beach Marathon masuknya trail run, karena jalannya bukan di aspal, semi trail lah maka markanya juga berbeda, nah kita menggunakan berbentuk kura-kura dengan tujuan memperkenalkan habitat penyu dan potensi pantai yang ada di Kabupaten Kebumen, dan itu sudah kita sosialisaikan di media sosial dan sebelum start,” ujarnya


    Meski begitu, panitia bakal bertanggung jawab. Pihaknya bakal mengundang para pemenang dan beberapa atlet lari nasional di Kabupaten Kebumen sebagai permohonan maaf atas kurang maksimalnya kinerja panitia dalam mengawal jalannya acara lari bergensi lintas pantai di Indonesia.

    “Kami mohon maaf kepada semua peserta atas kesalahan tim kami yang kurang maksimal kita sudah berusaha disitu, dan dari hasil evaluasi dan data yang dikumpulkan kami sudah mengunumkan para pemenang melalui konferensi pers dan instagram kami, dan rencananya para pemenang dan beberapa atlet nasional bakal kita undang pada hari Sabtu besok,” katanya.

    Sebelumnya, Wakil Ketua Panitia, Frans Haidar saat konferensi press di Pendopo Kabumian, Rabu (3/1) mengatakan, peserta yang dihadirkan di kebumen yakni para pemenang. Mereka bakal mendapatkan akomodasi dari panitia. “Nanti yang dihadirkan para pemenang juara 1,2,3 di masing-masing kategori, jika mereka berkenan menginap akomodasi akan ditanggung oleh panitia,” katanya dihadapan awak media. (fur)




    Berita Terbaru :


    Scroll to Top