• Berita Terkini

    Jumat, 05 Januari 2024

    Sterilisasi Gudang KPU, Polisi Terjunkan Anjing Pelacak


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Kepolisian Resort (Polres) Kebumen menerjunkan anjing pelacak. Ini untuk melakukan sterilisasi dan pengamanan obyek vital pemilu 2024. Sterilisasi tersebut, dilakukan di Gudang KPU Kebumen, sebelum digunakan untuk penyimpanan logisitik pemilu.

    Anjing pelacak yang bertugas masuk dalam Unit K-9 Satuan Samapta Polres Kebumen. Dalam pengamanan tersebut, terlihat anjing pelacak mengitari Gudang KPU, untuk mencari benda atau barang berbahaya.

    Dalam hal ini, Anjing pelacak yang diterjunkan memiliki kemampuan untuk mendeteksi bahan peledak, maupun barang berbahaya lainnya. Dimana Sterilisasi tersebut dilakukan, sebagai upaya preventif Polres Kebumen, untuk mengantisipasi adanya gangguan, yang dikhawatirkan bisa menghambat proses tahapan pemilu. 

    Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho SIK SH MSi melalui Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Setiyoko menyampaikan sebelum logistik datang pihaknya dari satgas preventif khususnya satgas sterilisasi melaksanakan sterilisasi di seputaran atau di sekitaran gudang. Ini dalam  ini antisipasi jangan sampai di sekitar gudang ada barang-barang atau barang berbahaya.

    “Polres Kebumen memiliki anjing yang mampu mendeteksi bahan bahan peledak. Selain itu juga terdapat anjing yang memiliki tugas untuk huru hara, narkotika dan lainnya,” ungkapnya.

    Sterilisasi dilaksanakan guna memastikan keamanan gudang logistik pemilu. Sehingga diharapkan pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar.

    Sementara itu Briptu Eri Pamungkas yang merupakan Pelatih Anjing K-9 menyampaikan sterilisasi juga dilaksanakan di area parkir dan sekitar gudang. Anjing yang digunakan berkelamin betina. Anjing tersebut dilatih khusus mendeteksi bahan peledak.

    “Kami dari K-9 menggunakan jenis Belgian Marinois  betina. Ini khusus untuk pelacakan bahan peledak. Sterilisasi kita menggunakan anjing di wilayah sekitar gudang atau diluar tempat halaman parkir dan kendaraan yang akan masuk. Sebelum Logistik datang yang dalam pun kita sterilisasi menyisir sekitaran Gudang,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top