• Berita Terkini

    Rabu, 14 Februari 2024

    Unik, Semua Petugas KPPS Berseragam SD


    PETANAHAN(kebumenekspres.com)-Ada yang unik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 06 Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan pada Pemilu 2024 ini. Dimana para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) semuanya memakai seragam Sekolah Dasar (SD). Mereka memakai seragam lengkap, atasan putih dan bawahan merah. Mereka juga memakai topi, dasi dan sepatu layaknya siswa sekolah SD.

    Hal itu dilakukan guna menarik antusiasme warga untuk menggunakan hak suaranya dalam Pemilu yang berlangsung pada Rabu (14/2). Tak hanya agar tampak unik, ternyata seragam sekolah dipilih karena menggambarkan kerinduan berkumpul dengan teman layaknya masa kecil dulu. Keunikan tersebut pun menuai respon positif oleh para warga yang datang ke TPS. 

    “Unik aja sih lucu, kaget pada pakai baju SD, jadi semangat gitu. Hehe bapak-bapak pakai baju SD kan jadi gemes gitu ya,” kata Zaeni Putri salah seorang warga usai menggunakan hak pilihnya.

    Ketua KPPS dari TPS 06Sumarje menyampaikan pihaknya sengaja memilih menggunakan kostum anak sekolah untuk mengenang masa kecil dulu dikala masih duduk dinamgku sekolah dasar. Selain itu penggunaan kostum unik tersebut juga diharpakan bisa untuk menarik minat dan antusias warga dalam menggunakan hak pilihnya dan datang ke TPS.

    “Ini pertama kali di sini kalau sebelumnya pada pakai batik gitu. Kali ini kebetulan sudah punya kostum yang biasa untuk karnavalan,” ungkapnya.

    Disampaikan juga dari total 219 warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 06, pada pukul 12.00 wib sudah mencapai lebih dari 90 persen  kehadiran. Itu artinya angka partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih terbilang tinggi. Pihaknya pun mengaku tidak malu untuk mengenakan seragam SD karena justru mampu menjadi daya tarik tersendir bagi warga.

    “Pemilu kali termasuk tinggi partisipasinya mencapai 90 persen untuk kehadiranya. Nggak malu malah bangga bisa pakai kayak gini seneng aja temen-temen juga pada bilang katanya unik lucu pada ketawa-ketawa, anak SD sudah rambutnya putih jenggotnya putih,” katanya.

      Sementara Kepala Desa Karanggadung Sakimin, saat ditemui di TPS 06 tersebut mengaku ide kreatif tersebut berasal dari warga sendiri. Pihaknya menjelaskan di Desa Karanggadung Terdapat 9 TPS yang tersebar di 9 RT dengan total 2.131 DPT. 

    “Satu RT satu TPS, masing-masing memiliki ide kreatifitasnya masing-masing, untuk tingkat partisipasi pemilu kali ini relatif sama lah, kalau di Desa Karanggadung sendiri termasuk tinggi untuk antusias warga mengguanakan hak pilihnya,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top