• Berita Terkini

    Kamis, 01 Februari 2024

    Warga Karanganyar Gelar Doa untuk Rakyat Palestina


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemerintah Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen menggelar doa bersama lintas agama untuk rakyat Palestina, sekaligus doa bersama untuk kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. 


     Acara doa bersama berlangsung di Pendopo Kecamatan Karanganyar, Jumat 26 Januari 2023 kemarin. Acara itu dihadiri Agung Pambudi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kebumen yang mewakili Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Kemudian Kepala Kesbangpol Widiatmoko, Camat Karanganyar Suis Idawati, bersama jajaran Forkompimcam, perwakilan tokoh lintas agama, baik Islam, Budha, Katolik, Protestan, Konghucu, dan juga ada aliran Kejawen serta Masyarakat Pancasila.


    Acara doa bersama juga turut dihadiri organisasi Islam, organisasi kemasyarakatan, dan instansi lainya, ada dari Pemuda Pancasila, NU, Muhammadiyah, MUI, kepala sekolah, paguyuban UMKM, ibu-ibu PKK, Panwascam, PPK, serta perwakilan dari Bank BUMN yang berkantor di Kecamatan Karanganyar. 


    Camat Karanganyar Suis Idawati mengatakan, doa bersama ini digelar karena ada rasa keprihatinan yang mendalam tentang apa yang terjadi di Palestina, dimana puluhan ribu orang Palestina kehilangan nyawa buntut agresi Zionis Israel di Gaza, Palestina. Bahkan perang sampai saat ini masih berlanjut.


     "Doa bersama ini berangkat dari rasa keprihatinan yang mendalam atas apa yang terjadi di Palestina. Tentu saja kita sebagai rakyat Indonesia mengutuk keras apa yang telah dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina. Ini merupakan bentuk penjajahan yang nyata," ujar Suis. 


     Doa bersama ini, tutur Suis, juga merupakan tindak lanjut dari surat edaran Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang meminta perangkat daerah agar miliki rasa kepedulian atas penderitaan rakyat Palestina. Karenannya selain doa bersama, pihaknya siap malaksanakan penggalangan dana.


     "Di sini selain doa bersama, kita juga seluruh jajaran stakeholder di Kecamatan Karanganyar sampai tingkat desa, kelurahan bakal melaksanakan penggalangan dana atau donasi untuk rakyat Palestina, hal ini sesuai dengan surat edaran dari Bapak Bupati," ucapnya.


     Menurutnya, langkah ini sebagai bentuk keperpihakan dan dukungan seluruh warga terhadap perjuangan rakyat Palestina. Ia menyebut semua agama menolak segala bentuk penjajahan. 


    "Karena itu, kita disini dari perwakilan semua agama mendoakan untuk keselamatan warga Palestina," ucapnya. "Kita semua berharap perang segera berakhir, Palestina bisa memperoleh haknya untuk menjadi negara yang merdeka, dan berdaulat atas wilayahnya. Apapun alasannya, perang hanya akan merugikan kita semua," tambahnya.


     Karanganyar, menjadi kecamatan pertama di Kebumen yang melaksanakan acara doa bersama lintas agama untuk rakyat Palestina. Selain, itu juga digelar doa bersama untuk kelancaran dan kesuksesan Pemilu 2024. Suis mengaku kondisi wilayahnya masih aman terkendali. 


     "Alhamdulillah untuk sampai saat ini kondisi di wilatah Kacamatan Karanganyar aman terkendali. Kita terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mensukseskan Pemilu agar berjalan dengan lancar, aman dan damai," tegasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top