• Berita Terkini

    Selasa, 28 Mei 2024

    Anggarkan Rp1,3 Miliar, Pemkab Bantu Makanan Siap Saji untuk 1014 Lansia



    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas Sosial P3A)  menyalurkan bantuan makanan siap saji bagi para lansia yang ada di seluruh  kecamatan. Dalam program ini, setidaknya ada 1014 lansia  mendapat makan bergizi gratis dari Pemkab Kebumen selama satu bulan.


    Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Kebumen Dwi Suliyanto mengatakan, bantuan ini telah disalurkan.  "Alhamdulillah kemarin kita sudah melaksanakan pemberian makanan gratis siap saji untuk para lansia di Kabupaten Kebumen,  total sebanyak 1014 orang lansia. Kita berikan selama satu bulan pada saat sebelum puasa dan setelah lebaran Idul Fitri kemarin," ujar Dwi dalam keterangannya, Selasa (28/5)



    Pemkab menganggarkan Rp1,3 Miliar untuk menyediakan makanan siap saji bagi para lansia tersebut. Makanan diberikan pada waktu pagi dan siang. Kemudian menu makanannya cukup lengkap terdiri dari protein hewani dan nabati, seperti ikan, telur, ayam, tahu, tempe, sayur mayur serta buah-buahan. "Satu porsi makanan, itu harganya sebesar Rp22 ribu per porsi," ujar Dwi.

    Para penerima manfaat ini, kata Dwi, merupakan lansia yang sudah masuk DTKS dan juga non DTKS. Ia menuturkan,  makanan gratis ini merupakan murni program dari Pemkab Kebumen yang dianggarkan melalui APBD.  "Dan ini baru pertama kali kita laksanakan di 2024," ucapnya.

    Adapun sistem pendistribusiannya adalah, semua makanan didrop atau dikumpulkan di kantor kecamatan. Setelah itu ada kurir yang ditugaskan untuk mengantar ke tiap-tiap rumah lansia. Dwi menyebut, per kecamatan rata-rata ada 39 lansia yang mendapat manfaat dari program tersebut.

    "Pemberian makanan siap saji gratis ini sebagai bentuk perhatian Pemkab terhadap para lansia yang sudah tidak bisa bekerja. Meskipun hanya satu bulan, tapi paling tidak sudah ada perhatian dari kita, dan harapannya bisa terus berlanjut setiap tahun dengan jumlah yang lebih banyak," tukas Dwi.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top